Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Wednesday, October 15, 2014

Cara Menanam Pohon yang Baik


cara menanam pohon yang baik
Pohon merupakan elemen sangat penting sebagai penyeimbang kehidupan, pohon yang hidup di sekeliling kita memproduksi H2O yang dibutuhkan oleh manusia, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah telah mencanangkan banyak program untuk memompa semangat masyarakat untuk semangat menanam pohon.
Selain mempunyai manfaat besar bagi kehidupan manusia, menanam pohon juga mempunyai manfaat ekonomi yang tidak bisa diremehkan, misalnya beberapa jenis pohon mempunyai nilai jual yang tinggi, bahkan banyak orang telah menjadi kaya mendadak karena bisnis menanam pohon yang ia geluti, tanaman sengon atau albasia misalnya jika telah berumur tua, maka harga jualnya bisa mencapai angka jutaan rupiah, begitu pula halnya pohon jati dengan berbagai macam jenisnya serta pohon-pohon lainnya.
Agar pohon yang kita tanam tumbuh dengan baik serta menghasilkan, maka kita perlu mempelajari cara menanam pohon yang baik, berikut ini tips yang kami hadirkan terkait hal ini:
Penentuan Lahan Tanam
Lahan tempat penanaman pohon harus menjadi perhatian pertama agar pohon yang kita tanam nantinya tumbuh dengan subur dan cepat berbuah, lahan yang akan dijadikan areal tanam hendaknya termasuk areal bebas dari segala program pembangunan yang dilakukan baik oleh swasta maupun instansi pemerintah, pasalnya tumbuh besarnya pohon biasanya memakan waktu yang panjang, jangan sampai pohon yang kita tanam harus ditebang karena program pembangunan yang ada di sana.
Penentuan Bibit Pohon
Sebelum melakukan penanaman pohon, hendaknya dilakukan pemilihan bibit, peilihan bibit ini hendaknya didahului dengan penelitian sederhana untuk menentukan jenis pohon apa yang cocok ditanam di tempat itu, jangan sampai pemilihan bibit didasarkan pada pohon yang lagi ngentren pada saat itu tanpa memperhatikan kecocokan tanaman itu dengan areal tanam.
Lubang Tanam Pohon
Penggalian lubang tanam sebuah pohon hendaknya dilakukan sehari sebelum acara penanaman, mengapa demikian? Karena proses stabilnya suhu di permukaan tanah dan di dalam lubang membutuhkan setidaknya 1 X 24 jam, hal ini juga untuk menghindari stress pada bibit yang akan ditanam. Pembuatan lubang hendaknya tidak terlalu lebar maksimal dengan ukuran 30 cm, begitu juga kedalaman lubang jangan sampai melebihi angka 40 cm.
Proses Penanaman
Cara menanam pohon yang baik adalah dengan terlebih dulu melepas polybag bibit, kemudian menanam bibit dengan membiarkan media tanam itu tidak lepas, setalah bibit ditanam hendaknya tanah di sekeliling bibit agak ditekan agar bibit berdiri tegak.
Waktu Terbaik Untuk Menanam
Waktu yang paling ideal untuk menanam pohon adalah pada pagi hari sekitar jam tujuh atau Sembilan pagi, kalau tidak pada sore hari sekitar jam 17.00 atau jam 18.00, karena pada saat itu suhu tanah sedang dalam keadaan stabil, ini akan meminimalisir terjadinya stress pada tanaman.
Demikian artikel tentang cara menanam pohon yang baik semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Cara Menanam Pohon yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 comments:

Post a Comment