Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Sunday, December 28, 2014

Obat Benjolan Pada Kelopak Mata

Obat benjolan pada kelopak mata. Umumnya benjolan yang terjadi pada kelopak mata adalah akibat dari apa yang dikenal dengan istilah hordeolum yang kemudian lebih akrab dengan sebutan bintitan, sebenarnya hordeolum, bintitan atau timbilen disebabkan oleh terjadinya peradangan pada kelenjar kelopak mata baik di bagian bawah maupun atas.
Obat Benjolan Pada Kelopak Mata
Penyakit ini sudah umum menimpa berbagai kalangan, mulai dari orang dewasa sampai anak-anak, walaupun kemungkinan tertimpa masih di dominasi oleh orang dewasa, bahkan sebagain orang justru tertimpa timbilen ini secara berulang-ulang dan bergantian, maksudnya jika salah satu timbilennya sembuh maka ditumbuhi lagi dengan timbilen lain di bagian matanya yang lain.

Gejala Hordeolum atau Bintitan
Umumnya gejala yang akan nampak pada mata yang tertimpa timbilen atau bintitan adalah munculnya benjolan berwarna kemerahan pada kelopak mata baik pada bagian kelopak bawah maupun atas, terkadang bukan warna kemerahan, namun warna agak putih atau kuning yang lebih dulu diawali dengan munculnya peradangan tadi. mereka yang tertimpa oleh bintitan ini secara umum mengeluhkan rasa sakit pada kelopak matanya apalagi saat menunduk bahkan terkadang juga dibarengi dengan keluarnya air mata secara tidak normal, terkadang juga peradangan hebat bisa terbentuk lalu dibarengi dengan munculnya nanah.
tercabutnya bulu mata lalu terbentuknya infeksi bisa menjadi penyebab utama terjadinya timbilen ini, begitu juga tertimpa debu dan benda kotor lainnya lantas menimbulkan rasa nyeri hebat di bagian kelopak mata bisa juga menjadi geja awal mata timbilen ini.

Jenis-jenis Penyakit Bintitan
Secara umum penyakit bintitan atau timbilen ini bisa dikelompokkan dan diklasifikasikan menjadi 2 jenis:
Pertama: Bintitan yang menimpa meibom mata, bintitan semacam ini disebut dengan bintitan interna karena menyerang bagian kelopak mata dalam.
Kedua: Bintitan yang menyerang bagian kelenjar Moll dan Zeis, bintitan semacam ini diistilahkan dengan bintitan atau herdoelus eksterna karena umumnya menyerang kulit pada kelopak mata bagian eksternal (luar).
Untuk mencegah terjadinya timbilen atau bintitan pada mata bisa dilakukan dengan semaksimal mungkin menghindari untuk mengucek-ngucek mata ketika tertimpa debu atau polusi, apalagi jika ternyata tangan dalam keadaan kotor, cara yang lebih sehat adalah dengan mencuci muka dengan sabun.

Pengobatan Timbilen atau Bintitan
Mata yang tertimpa oleh bintitan umumnya terasa nyeri akibat peradangan, di antara cara mengatasi rasa nyeri ini adalah dengan melakukan proses pengkompresan pada mata, ambillah semangkuk air hangat, lalu taruhlah secari kain padanya, kemudian setelah itu kompres mata yang bintitan tadi dengan secarik kain yang telah direndam pada air hangat tadi.
adapun pengobatan alami yang bisa ditempuh untuk benjolan pada kelopak mata adalah sebagai berikut:

  • Memanfaatkan Kunyit

Tanaman obat yang satu ini memang dikenal memiliki multi khasiat untuk berbagai penyakit, tidak terkecuali penyakit bintitan ini, sifatnya yang anti-inflamasi bisa meringankan peradangan pada kelopak mata, ambillah seruas kunyit lalu bersihkan hingga benar-benar bersih, lalu tumbuk sampai benar-benar halus dan kompreskan pada mata yang terkena bintitan ini.

  • Manfaatkan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memilki sifat anti bakteri, ambillah barang 2 atau 3 lembar daun jambu biji yang masih agak muda, kemudian tumbuklah sampai benar-benar halus, setelah itu balurkan pada kelopak mata yang terkena timbilen atau bintitan itu.

  • Manfaatkan Ketumbar

Bahan makanan yang umumnya dipakai sebagai bumbu ini juga bermanfaat untuk mengatasi bintitan ini, cukup ambil sekedar dua atau empat sendok makan ketumbar, setelah itu kompreslah kelopak mata yang terkena bintitan itu dengan secarik kain yang direndam pada wadah yang berisi air serta ketumbar tadi, sifat ketumbar sebagai antioksidan dan anti bakteri efektig mengurangi peradangan akibat bintitan atau timbilen.
Demikianlah pembahasan tentang obat benjolan pada kelopak mata akibat bintitan semoga banyak memberi manfaat berarti bagi sobat pengunjung belati.

Obat Benjolan Pada Kelopak Mata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 comments:

Post a Comment