Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Friday, December 12, 2014

Ragam Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Cuka Apel untuk kesehatan. Cuka apel sebenarnya adalah bahan makanan yang terbuat dari hasil fermentasi buah apel, dewasa ini banyak orang yang menggemari cuka apel ini karena manfaat kesehatan dan kecantikan yang dimiliki oleh jenis cuka ini. Banyak penelitian ilmiyah yang pernah dilakukan untuk membuktikan khasiat istimewa dari cuka apel ini, di antaranya penelitian yang dilakukan di New Jersey Amerika Serikat di Reutgers University, di Italia oleh University of Udine, University of Arkansas Amerika Serikat dan riset-riset ilmiyah yang dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi dan universitas di berbagai belahan dunia.
Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh
Riset-riset dan penelitian itu menunjukkan bahwa Cuka Apel ternyata memeiliki kelebihan dan keistimewaan dibandingkan dengan jenis cuka yang terbuat dari bahan lain, pada artikel ini akan kami bahas tentang seluk-beluk cuka apel, mulai dari cara pembuatan cuka apel sampai manfaat-manfaatnya untuk berbagai kemaslahatan manusia.
Cara Pembuatan Cuka Apel
Pembuatan cuka apel sebenarnya terbilang cukup sederhana, cara dan tips pembuatan cuka apel yang kami bawakan kali ini adalah cara tradisional yang telah sering dipraktekkan oleh berbagai lapisan masyarakat, berikut langkah-langkahnya:
Alat-alat yang harus disiapkan
Peralatan-peralatan yang harus anda siapkan untuk membuat cuka apel ini adalah, kompor, baskom, Kain untuk saringan, sebuah timbangan, sebilah pisau, panic dan sebuah gallon atau bisa juga digantikan dengan sebuah guci.
Bahan-bahan yang diperlukan
Adapun bahan-bahan untuk membuat cuka apel adalah apel dengan jenis bebas, kurang lebih 3 liter air bersih dan gula sebanyak kurang lebih 250 kilo gram.
Proses yang harus ditempuh untuk membuat cuka apel
  • Terlebih dahulu apel yang telah anda siapkan tadi anda iris tipis-tipis setelah tentunya apel tadi anda bersihkan dengan air bersih sampai benar-benar steril dari segala bakteri dan kuman yang mungkin menempel pada apel.
  • Taruh irisan-irisan apel tadi dalam sebuah wadah, segera tuangkan air dan masak atau rebuslah irisan apel dengan air tadi sampai benar-benar mendidih.
  • Setelah mendidih, kecilkan volume api pada kompor, kemudian tambahkan gula pasir yang telah anda siapkan, lalu tetaplah merebus semua campuran tadi selama kurang lebih 3o atau 45 menit lamanya, setelah bau apel tercium dari rebusan tadi hentikan api kompor.
  • Setelah rebusan tadi agak dingin, saringlah dengan kain saringan steril yang telah anda siapkan sebelumnya.
  • Setelah sari apel anda dapatkan dengan melakukan proses penyaringan tadi, masukkan sari apel tadi ke dalam gallon atau guci yang anda siapkan sebelumnya tadi, lalu tutup mulut gallon tadi agar tidak bisa dimasuki oleh unsur dari luar.
  • Biarkan cairan sari apel tadi sampai benar-benar mendingin, lantas segera anda tambahkan yeast, kemudian tetap gallon tadi anda tutup rapat-rapat.
  • Lakukan proses fermentasi pada cairan sari apel ini kurang lebih selama 7 hari (1 minggu) atau 14 hari (2 pekan) sampai cairan apel tadi berubah bentuk menjadi alcohol.
  • Jika alkoholnya telah terbentuk, maka buka tutup gallon tadi, ganti segera dengan kain kasa.
  • Lakukan proses fermentasi kembali, kali ini kurang lebih selama 2 pekan (14 hari), semakin lama semakin bagus.
  • Setelah berubah bentuk menjadi cuka dan PH telah berubah (3 atau 4), maka cuka apel telah jadi.
  • Ambil cuka apel tadi dari galon, lalu panaskan untuk membunuh semua mikroba yang berperan membentuk asam.
  • Cuka apel anda siap dikemas dan dibungkus untuk dikonsumsi pribadi atau dijual.
Ragam Manfaat Cuka Apel Untuk Ksehatan Tubuh
  • Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit
Di antara manfaat yang bisa diperoleh dari cuka apel untuk kesehatan kulit anda terutama kulit wajah adalah cuka apel bisa mempercantik, memutihkan dan menghaluskan kulit. Cara yang biasa dilakukan untuk memperoleh manfaat tadi adalah dengan menjadikan cuka apel sebagai scrub wajah anda.
Nutrisi istimewa yang dikandung cuka apel cukup efektif untuk mengangkat sel kulit mati, dengan tergantikannya sel kulit mati dengan sel kulit baru akan membuat kulit wajah anda menjadi bersinar dan halus.
  • Manfaat Cuka Apel Bagi Diet Anda
Kandungan unsur pectin pada cuka apel sangat efektif untuk enggenjot pembakaran lemak pada tubuh, dengan pembakaran lemak yang maksimal bisa membuat tubuh anda langsing.
Selain itu cuka apel mempunyai efek positif bagi anda yang sedang diet, yaitu dengan mengkonsumsi cuka apel akan membuat lambung anda akan merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama, hal ini amat baik untuk keberhasilan program diet anda.
  • Manfaat Cuka Apel Untuk Keindahan Rambut
Terutama bagi anda pemilik rambut kusam, manfaatkan cuka apel untuk membersihkan dan membilas rambut anda saat keramas, hal ini akan membuat rambut anda subur, halus dan mengkilau, di samping itu, membilas rambut dengan cuka apel saat keramas akan membuat rambut anda terbersihkan dari segala residu dan sisa-sisa perawatan rambut yang menempel di rambut anda.
  • Manfaat Cuka Apel Untuk Mengusir Bau Mulut
Gunakan cuka apel sebagai bahan kumur-kumur anda, campurkan cuka apel dengan air bersih lalu kumur-kumurkan beberapa saat, hal ini akan membuat bau mulut akan hilang.
  • Cuka Apel Untuk Mengurangi Tonjolan Pada Tubuh
Terkadang ketika anda luka, sembuhnya luka tadi membuat tonjolan kulit yang lumayan mengganggu pemandangan, hal ini bisa anda atasi dengan menggunakan cuka apel, ambil sepotong kapas steril, lalu rendam kapas tadi pada cuka apel yang anda taruh di sebuah wadah, setelah terendam beberapa saat, taruhlah kapas yang telah direndam tadi di atas benjolan pada kulit, anda bisa menutupinya dengan sepotong kain kasa, biarkan semalaman, lakukan dengan rutin sampai benjolan tadi agak menghilang.
  • Kegunaan Cuka Apel Untuk Kulit Anda yang Terbakar
Cuka apel juga terbukti mampu mengurangi rasa sakit akibat terbakar pada kulit, rendam handuk atau sapu tangan pada cuka apel, lalu kompreslah luka bakar dengan handuk tadi, hal ini bisa meminimalisir rasa sakit pada luka bakar.
Demikianlah artikel tentang manfaat cuka apel untuk kesehatan, masih banyak manfaat lain yang belum saya sebutkan, namun manfaat-manfaat cuka apel yang kami ketengahkan di atas sudah cukup untuk membuat kita menghadirkan cuka apel di rumah kita sebagai pengobatan alternatif untuk berbagai masalah kesehatan.

Ragam Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment