Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Sunday, December 21, 2014

Rupiah Kembali Melemah, Apa Dampaknya?

Akhir-akhir ini mata uang Indonesia Rupiah kembali terjun bebas, dengan terjun paling dalam-mungkin-semenjak krisis moneter 98 silam, $1 sudah mencapai angka Rp 13.000, pemerintah Jokowi yang dinilai sebagai titik awal untuk membangkitkan kembali trend perbaikan ekonomi Indonesia ternyata masih melempem sampai sekarang.
Rupiah Kembali Melemah

Menteri Keuangan Indonesia Bambang Brojonegoro ketika dimintai keterangannya mengenai tren melemahnya rupiah ini mengatakan bahwa pemerintah terus melihat kinerja rupiah secara kontinyu dan sesegera mungkin akan melakukan rapat koordinasi dengan lembaga terkait seperti Bank Indonesia dan OJK.
Para pengamat mengatakan ada banyak faktor yang menyebabkan posisi Rupiah terus melorot akhir-akhir ini, di antaranya adalah ternd membaiknya posisi perekonomian Amerika Serikat yang beberapa tahun lalu mengalami trend negatif. Pengaruh melemahnya rupiah terhadap perekonomian secara nasional memang sangat terasa apalagi masyarakat dihadapkan pada kenaikan harga BBM yang naik cukup signifikan.
Berikut ini belati.blogspot.com akan mengupas lebih jauh tentang dampak positif maupun negatif yang disebabkan oleh melemahnya rupiah terhadap dollar amerika.

Dampak Negatif Bagi Importir
Di antara pengusaha yang secara langsung merasakan akibat melemahnya rupiah terhadap dollar adalah para pengusaha yang bergerak di bidang impor. Pasalnya mereka membeli barang-barang komoditas dari luar negeri dengan rupiah yang harus terlebih dahulu ditukar ke dollar sehingga terpaksa mereka harus menaikkan barang komoditas impor mereka ke harga yang lebih tinggi untuk dijual lebih tinggi di Indonesia dengan konsekwensi barang komoditas mereka kalah bersaing dari segi harga dengan barang-barang lokal.
Sekjen GINSI (Gabungan Importir Nasional) Acmad Ridwan member keterangan bahwa pelemahan rupiah terhadap dollar ini berdampak pada kemampuan para pengusaha untuk hanay sekedar membalikkan modal sehingga terpaksa mereka menaikkan harga barang komoditas impor di Indonesia untuk menutupi kerugian.

Usaha Kecil Diuntungkan
Namun sebagaimana dikatakan oleh ahli hikamh “Di balik musibah orang lain, ada pihak lain yang dapat untung”. Nampaknya pribahasa ini memang berlaku terkait pelemahan rupiah terhadap dollar bagai Usaha Kecil dan Menengah, pasalnya mereka yang bergerak di bidang ini dan mengekspor produknya justru akan mendapatkan laba yang maksimal dari hasil penjualannya ke luar negeri, karena mereka dibayar dengan dollar sehingga hasil penukaran dollar ke rupiah yang mereka terima berlipat-lipat.

Rupiah Kembali Melemah, Apa Dampaknya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment