Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Saturday, January 31, 2015

Cara Menghindari Pencurian Kendaraan Bermotor

Tips menghindari pencurian kendaraan bermotor. Akhir-akhir ini perhatian publik disita oleh kejadian-kejadian kriminal di beberapa tempat di wilayah nusantara, termasuk jenis kriminal curanmor (pencurian kendaraan bermotor), dalam beberapa kasus, si pencuri kerap kali nekat dan mengambil motor orang lain dengan paksa dan tak jarang dengan menghilangkan nyawa pemiliknya, sungguh miris terkadang ketika kita membaca berita tentang sebuah peristiwa pencurian dengan tindak kekerasan, entah karena faktor ekonomi atau tingkat penangguran yang tinggi, mereka “terpaksa” mengambil jalan pintas dengan mengambil hak milik orang lain.
cara menghindari pencurian kendaraan bermotor


Kali ini blog belati tercinta akan membahas sedikit tentang tips dan cara menghindari pencurian terhadap kendaraan khususnya kendaraan bermotor roda dua, menurut saya pribadi, pencurian kendaraan bermotor roda dua lebih mudah bagi pencuri dari pada mencuri kendaraan roda 4. Berbagai cara dan modus dipakai oleh pencuri untuk melakukan aksinya.

  • Umumnya pencuri beraksi tidak sendirian, mereka biasa berjumlah 2 atau 3 orang, yang satu berperan sebagai “pemetik” yang kedua berperan sebagai pengawas jangan sampai ada orang lewat dan mengetahui aksi pencurian dan yang ke-3 biasanya sebagai pengalih perhatian, misalnya dengan pura-pura berkelahi dan adu mulut dengan temannya untuk menarik perhatian orang dan membuat si pemetik lebih leluasa melakukan proses pencurian. 

  • Umumnya pencurian kendaraan terjadi pada jam-jam istirahat siang sekitar jam dua belas sampai jam satu, jam tiga atau empat dini hari atau jam 9 atau jam sepuluh malam hari, jarang sekali terjadi pencurian di luar waktu-waktu itu.

Hati-hati dengan kendaraan anda karena sebagaimana dikatakan oleh abang napi “kejahatan kadang dipicu oleh adanya kesempatan bukan melulu karena memang berniat”, melihat kendaraan anda yang tidak diberi kunci malaikat atau kunci ganda, si pencuripun tertarik untuk mengambil motor anda.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda telaan dan pelajari khususnya bagi anda pemilik kendaraan bermotor.


  • Parkirlah kendaraan bermotor anda di tempat yang tidak minim pencahayaan, minim suara, dan minim orang (sepi).

  • Usahakan motor anda diback up dengan memberikan kunci ganda, kata orang sebagaimana yang saya baca di sebuah blog, bahwa jenis kunci model lama ternyata lebih bagus dari kunci model modern dan baru sekarang ini.

  • Lihat model kunci/gembok di atas, ada dua lubang kecil di samping lubang utama, dua lubang kecil ini sering dimanfaatkan oleh pencuri dengan memasukkan sejenis paku ke dalamnya untuk merusak gembok.

  • Usahakan anda parker motor kesayangan anda dengan diapit oleh dua motor di samping kiri atau kanannya, hal ini akan menyulitkan pencuri untuk melancarkan aksinya karena terhalang oleh dua motor yang berada di sampingnya.

  • Jika perlu ketika anda memarkir kendaraan anda dengan terpaksa ditempat yang rawan, busi motor anda bisa dicabut dulu sehingga resiko pencurian menjadi minim.



  • Parkir kendaraan anda di tempat yang dijaga oleh tukang parkir, ndak perlu males dan pelit untuk mengeluarkan hanya seribu rupiah untuk bayar parkir, tapi anda aman dari resiko pencurian (“di niatkan sedekah juga boleh”), tapi saya pribadi males ngasi tukang parkir terutama jika tukang parkirnya berpenampilan kayak preman atau branalan gitu, takutnya uang yang dia dapat dipakai buat hal-hal yang negatif.

Cara Menghindari Pencurian Kendaraan Bermotor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

2 comments:

  1. Sangat bermanfaat ini tipsnya, apalagi kalau sering bepergian. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal,,,terima kasih atas kunjungannya.

      Delete