Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Wednesday, February 11, 2015

Apa Sebabnya Papan Ketik Memakai Sisitem QWERTY? Baca Sejarah Uniknya

Menulis adalah salah satu cara manusia mengungkapkan apa yang ingin diungkapkan dibenaknya, menulis merupakan salah satu cara manusia untuk berkomunikasi, oleh sebab itu, alat-alat untuk memudahkan proses penulisan inipun diciptakan dan selalu terus diinovasi oleh manusia, salah satu alat yang bisa mempermudah proses penulisan adalah papan ketik yang sekarang ini kita lebih akrab menyebutnya dengan keyboard, keyboar memang sejak lama telah diciptakan oleh manusia-manusia cerdas, mengalami berbagai inovasi serta perbaikan demi memperlancar apa yang kita sebut dengan proses penulisan. Namun mungkin banyak di antara kita bertanya mengapa keyboard yang sekarang kita pakai memakai susunan abjad (alphabet) yang “ngawur” alias tidak berurutan sebagaimana yang akrab digunakan? Mengapa memakai sistem QWERTY? Bukankah lebih praktis dan mudah menggunakan susunan alphabet yang biasa yaitu ABCDEF?
Apa Sebabnya Papan Ketik Memakai Sisitem QWERTY? Baca Sejarah Uniknya

Mengapa Harus QWERTY?

Untuk mejawab pertanyaan ini, kita perlu mundur dan menurutnya ke belakang. Pada era sekitar 1800-an awalnya papan ketika memang menggunakan sisitem “praktis” dan mudah yang kita singgung tadi (yaitu sitem ABCDEF), namun ada masalah yang dihadapi yaitu karena jarak yang lumayan dekat antara satu tombol alphabet dengan tombol alphabet yag lainnya pada papan tulis atau keyboard ini berdekatan maka sering terjadi salah ketika pada kertas yang digunakan sebagai tempat penulisan, memang pada satu sisi peyusunan alfabet dengan sistem biasa ini mempermudah kerja otak dalam penulisan, namun di sisi lain hal ini membuat penulisan yang dilakukan berlangsung secara cepat dan membuat hasil tulis tidak jelas dan bercampur antara satu huruf dengan huruf lainnya.

Oleh karena itu untuk memperlambat akselerasi penulisan dibuatlah sistem baru yang membutuhkan “pemutaran otak” lebih lama ketika akan menulis, sehingga hasil tulisan tidak bercampur seperti dahulu kala, dibuatlah sistem QWERTY ini. Salah seorang periset berkebangsaan Amerika bernama Cristopher Latham dikenal sebagai penemu pertama sistem QWERTY pada keyboard ini.

Teknologi Baru Keluhan Baru

Tentu saja pada awal kemunculannya teknologi keyboard dengan basis QWERTY ini dikeluhkan oleh banyak pihak karena menimbulkan masalah baru pada proses pengetikan yaitu membutuhkan waktu yang lama hanya untuk mengetik satu atau dua kalimat, karena otak direcoki oleh susunan huruf yang “amburadul” yang justru menyulitkan. Merk keyboard yang selanjutnya mengalami penjualan yang cukup laris adalah Remington generasi 2, setelah sebelumnya (generasi 1) kurang diminati, Remington 2 inilah yang sekarang digunakan setelah mengalami berbagai adaptasi serta inovasi.

Apa Sebabnya Papan Ketik Memakai Sisitem QWERTY? Baca Sejarah Uniknya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment