Belati Blog.com

Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, dan Info Terkini

Saturday, February 7, 2015

Cara Mempertajam Ingatan Dan Hafalan

Cara Mempertajam Ingatan dan Hafalan. Otak manusia sebenarnya bisa diibaratkan dengan memory pada sebuah computer atau laptop, pada otaklah segala “file” ingatan tersimpan dengan rapi, otak manusia secara tabi’at akan mengalami penurunan kinerja dan efektifitas seiring dengan bertambahnya umur dan berjalannya waktu. Di usia senja seorang akan mengalami penurunan kinerja sebagian besar anggota tubuhnya termasuk otak yang merupakan elemen penting penyimpan data ingatan tadi.
Cara Mempertajam Ingatan Dan Hafalan

Namun para ahli kesehatan memberikan beberapa trik dan tips yang bisa mempertajam dan melatih ingatan agar terus terasah yang pada gilirannya akan membuatnya “awet” dan bekerja secara efektif dalam jangka waktu yang lama (baca: sampai usia senja).

Apa saja hal-hal yang bisa memperkuat dan mempertajam ingatan itu? Berikut belati.blogspot.com akan mengualsnya untuk anda pengunjung setia blog tercinta ini.

Rajin Berolahraga dan Melakukan Kegiatan Fisik

Tubuh yang dibiasakan melakukan aktifitas dan kegiatan fisik akan menstimulus serta merangsang otak untuk bekerja lebih aktif, lakukan olah raga ringan atau kegiatan fisik dengan rutin setiap hari semisal membersihkan atau merapikan rumah, atau memandikan kendaraan anda demi otak yang memilki ingatan tajam dan awet.

Pelajari Hal-Hal Baru

Ini adalah salah satu cara paling ampuh untuk mempertajam ingatan pada otak anda, saat anda mempelajari hal baru semisal mempelajari bahasa tertentu yang belum pernah anda pelajari sebelumnya atau mempelajari hal-hal lain yang sifatnya baru, anda sedang memaksa otak anda untuk menerima tantangan baru, hal ini akan menstimulus otak untuk membuat jalur baru pada bagian neuron, hal yang tentunya membuat otak lebih tajam dalam mengingat.

Bertemu Dengan Teman Yang Baru

Ketika anda mendapatkan teman baru, otak anda sebenarnya sedang dipaksa untuk melakukan entry data baru mengenai orang yang baru anda kenal dan temui, hal ini tentu akan membuat otak anda beraktifitas dan bekerja yang pada gilirannya membuat otak anda semakin sehat dan tajam.

Gizi dan Nutrisi yang Cukup

Semua orang mengetahui bagaimana gizi dan nutrisi yang cukup mempunyai peranan yang amat penting dalam menunjang kesehatan tubuh termasuk otak seseorang, sehingga asupan gizi yang bagus amat bagus untuk menunjang kinerja dan efisiensi kerja otak.

Istirahat yang Cukup

Saat seseorang sedang beristirahat atau tidur berarti saat itu ia sedang memberikan peluang bagi otaknya untuk beristirahat dari segala aktifitasnya, hal ini tentu akan menambah kesehatan otak yang pada gilirannya menambah ketajaman dan efektifitas kerjanya di saat anda membutuhkannya untuk mengingat.

Cara Mempertajam Ingatan Dan Hafalan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ehwah

0 comments:

Post a Comment