Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Monday, February 9, 2015

Cara Mudah Mencegah Banjir Masuk ke Dalam Rumah

Cara Mudah Mencegah Banjir Masuk Rumah. Musim penghujan tengah melanda berbagai tempat di Indonesia, sangat mengkhawatirkan memang, terutama bagi anda yang tinggal di daerah rawan banjir seperti Jakarta, aktifitas tahunan yang tidak diketahui kapan berakhirnya ini (banjir) selalu menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar penduduk Jakarta, tidak sedikit dari mereka mengalami berbagai kerugian disebabkan banjir yang melanda rumah, mulai dari kerugian materi, gangguan kesehatan, gangguan keamanan dan lain sebagainya, sebenarnya pemerintah sudah berusaha untuk mencegah dan mengantisipasi terjadi banjir khususnya di ibu kota, namun permasalahn yang begitu kompleks menjadi penghalang yang terus menjadi aral melintang untuk suksesnya usaha ini. Sebagai tindakan antisipasi agar banjir tidak sampai masuk ke dalam rumah kita, berikut belati.blogspot.com akan mengetengahkan tips dan cara mencegah banjir masuk rumah.

Opsi Pertama: Membuat Sumur Resapan (Biopori)
Cara Mudah Mencegah Banjir Masuk ke Dalam Rumah

Sumur resapan atau Biopori adalah lubang-lubang kecil yang dibuat pada tanah sebagai usaha untuk mempercepat penyerapan air oleh tanah, karena salah satu penyebab munculnya banjir adalah penyerapan air hujan yang sangat lamban oleh permukaan tanah, akibatnya air hujan menggenang lalu membentuk banjir. Di pasaran telah tersedia semacam bor tanah yang bisa memperudah anda untuk membuat Biopori/ Sumur Resapan ini. Buatlah Biopori ini di sekeliling pekarangan rumah anda dengan memperhatikan sketsa dan ruang gerak pada pekarangan rumah anda.

Opsi Kedua: Pengurukan Tanah
Cara Mudah Mencegah Banjir Masuk ke Dalam Rumah

Pilihan kedua yang bisa anda usahakan untuk mecegah banjir mengakses pekarangan bahkan isi dalam rumah anda adalah dengan melakukan pengerukan tanah di sekeliling rumah anda agar banjir terhalangi masuk ke areal pekarangan rumah, opsi ini direkomendasikan jika lokasi rumah anda berada pada areal yang lebih rendah dari jalanan.

Atau lebih sederhananya anda bisa membuat semacam tanggul yang mengelillingi rumah anda, sehingga tanggul yang berada di sekeliling rumah anda ini akan menghalangi banjir tadi masuk ke areal pekarangan rumah.

Opsi Ketiga: Meninggikan Lantai Rumah
Cara Mudah Mencegah Banjir Masuk ke Dalam Rumah

Sepertinya mungkin ini pilihan terakhir bagi anda yang sedang menjadi bulan-bulanan banjir, pasalnya pilihan ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, menaikkan tinggi pondasi rumah tentu seperti merehab seluruh bagian rumah secara tidak langsung, karena anda harus memperhatikan letak jendela, plafon, bagian dalam dan luar rumah dan seterusnya. Sehingga Belati.blogspot.com menyarankan anda untuk menjadi opsi ketiga ini sebagai opsi terakhir.

Cara Mudah Mencegah Banjir Masuk ke Dalam Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment