Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Monday, February 2, 2015

Jenis-Jenis Ubi Jalar dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat ubi jalar bagi kesehatan manusia. Ubi jalar banyak diasumsikan oleh masyarakat sebagai makanan kuno dan primitif, makanan yang hanya dimakan oleh mereka yang tinggal di pedalaman dan pedesaan, makanan bagi orang kere dan miskin, kesimpulan seperti ini jelas salah besar, apalagi setelah para pakar kesehatan melakukan penelitian intensif terhadap makanan jenis umbi-umbian yang satu ini, melalui berbagai penelitian dan riset para ahli kesehatan amat sangat menganjurkan konsumsi ubi jalar ini sebagai alternatif jitu untuk menjaga kesehatan tubuh.
Jenis-Jenis Ubi Jalar dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Manusia

Kandungan-kandungan nutrisi luar biasa pada ubi jalar mampu mendongkrak popularitas ubi jalar menjadi makanan yang bukan hanya menjadi menu orang pedesaan, orang kampungan atau orang kere, kini ubi jalar sudah dipasarkan ke perkotaan baik yang telah diolah menjadi makanan menari ataupun yang masih perawan alias belum mengalami pengolahan yang mencolok.


Masyarakat mengenal berbagai jenis dan varietas ubi jalar ini, umumnya masyarakat membedakannya berdasarkan warnanya. Ada ubi jalar warna putih, ungu, kuning dan juga merah. Di antara ubi jalar yang sekarang ini digembar-gemborkan mengenai faidah, manfaat dan kegunaannya bagi kesehatan adalah ubi jalar jenis ungu, namun sebenarnya secara umum semua jenis ubi jalar mempunyai kandungan nutrisi alami yang hampir sama, di antara kandungan nutrisi istimewa yang terdapat pada ubi jalar adalah sebagai berikut:

  • Berbagai macam vitamin seperti vitamin A dan juga vitamin B

  • Berbagai zat mineral yang bermanfaat bagi tubuh manusia seperti fosfor dengan kuantitas yang cukup tinggi juga beta karoten yang dikenal sebagai zat anti oksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas dari tubuh manusia.

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Anda

Berikut ini adalah rangkuman manfaat kesehatan yang didapat bagi anda yang suka mengkonsumsi ubi jalar, blog belati merangkumnya dari berbagai sumber di dunia maya:

Ubi jalar sangat bagus untuk melancarkan pencernaan dan memperlancar metabolism tubuh manusia, lancarnya pencernaan terindikasi dengan lancarnya seseorang buar air, baik air besar maupun air kecil, ini bisa didapat dengan mengkonsumsi ubi jalar.

  • Serat yang tinggi pada ubi jalar selain bisa memperlancar pencernaan, juga terbukti mampu mengobati sembelit dan kanker usus.

  • Pada ubi jalar juga terdapat zat yang disinyalir bisa mengurangi resiko penyakit stroke karena zat yang dimaksud bisa menghambat penggumpalan darah.

  • Banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa ubi jalar juga sangat efektif untuk mengurangi resiko terkena penyakit diabetes karena mempunyai kemampuan untuk menormalkan gula darah.

  • Beta karoten yang dikandung oleh ubi jalar dalam kuantitas yang cukup banyak terbukti mampu mengurangi dan menangkis radikal bebas yang menghinggapi manusia.

  • Pada sebagian jenis ubi jalar seperti ubi jalar ungu mempunyai kadar karbohidrat yang cukup tinggi sehingga bisa diandalkan sebagai makanan pengganti nasi sebagai asupan utama penyuplai karbohidrat.

Jenis-Jenis Ubi Jalar dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment