Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Saturday, March 21, 2015

4 Faktor dan Penyebab Maraknya Begal

Dewasa ini pembegalan meraja lela di beberapa tempat di wilayah nusantara, mereka beroperasi dengan berbagai cara dan modus, di antara para begal itu ada yang sampai nyawanya melayang akibat dikeroyok massa yang yang “dongkol” akibat ulah sadis para begal yang tak jarang membunuh dengan cara membabi buta korbannya. Namun terbersit pertanyaan, apa yang menyebabkan banyak begal bermunculan? Apa alasan dibalik aksi sadis pembegalan yang mereka lakukan? Kali ini belati.blogspot.com coba menguak apa sebab seorang jadi begal, selamat menyimak!
Faktor dan Penyebab Maraknya Begal

Himpitan Ekonomi dan Kurangnya Lapangan Kerja

Salah satu wilayah yang banyak terjadi pembegalan adalah wilayah Lampung Timur yang beberapa waktu lalu menjadi pusat pandangan masyarakat terkait maraknya pembegalan. Menurut salah satu anggota DPR asal daerah pemilihan Lampung Timur Yusron Amirullah, maraknya begal kendaraan bermotor di daerahnya dipicu oleh minimnya lapangan pekerjaan yang membuat banyak warga kebingungan mencari pekerjaan yang membuatnya tergoda untuk menjadi begal, ketiadaan lapangan pekerjaan ini berimbas kepada naiknya tingkat kemiskinan. Memperihatinkan memang dengan beban kehidupan yang akhir-akhir ini semakin berat dengan naiknya harga-harga bahan makanan pokok seperti beras dan lainnya diperparah lagi dengan naiknya harga BBM sangat menghimpit masyarakat khususnya kalangan masyarakat bawah dengan penghasilan yang kadang tidak menentu.

Faktor Pertemanan

Beberapa waktu lalu tertangkap begal yang ternyata adalah anak-anak umuran SMP atau SMA, sungguh miris, anak-anak yang seharusnya menjadi akan menjadi ujung tombak pembangunan bangsa bukannya serius belajar mencari ilmu sebagai bekal mereka di masa depan justru punya aktifitas yang lebih mereka sukai dan bukan sembarang aktifitas, aktifitas menjadi seorang begal. KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) sempat melakukan semacam investigasi terhadap pelaku begal dari para siswa ini, ternyata ditemukan bahwa penyebab mereka menjadi begal di antaranya karena pengaruh teman dan fanatisme terhadap geng mereka, walaupun juga terkuak penyebab dan alasan lain mereka menjadi begal seperti karena ketidaktahuan mereka terkait hukuman pidana tehadap aksi pembegalan ini, mereka mengira karena mereka masik anak-anak, maka hukuman pidana tidak akan diberlakukan kepada mereka.

Faktor Perhatian Keluarga

KPAI menemukan juga alsan para siswa melakukan aksi begal adalah karena pola asuh keluarga yang tidak maksimal dan tidak efektif, perhatian yang minim dari orang tua sangat berpengaruh terhadap perilaku seorang anak, apa lagi dengan kondisi lingkungan yang tidak karuan yang semakin memperparah perkembangan perilaku dan moral anak, begitu pula dengan mudahnya akses informasi melalui internet sekarang ini, jika tidak ada pengawasan maksimal dan memadai dari orang tua, akan menjadi bom waktu yang suatu saat siap meledak.

Pola Pikir

Pergeseran pola piker masyarakat dewasa ini juga disinyalir ikut memberi andil dan penyebab banyaknya masyarakat yang berubah haluan dan berubah menjadi begal, berusaha mendapatkan apa yang diinginkan secara cepat dan instan, melihat motor yang bagus dan “keren” ia lantas tergoda untuk memilikinya secara cepat dan instan yang akhirnya iapun tergoda untuk menjadi begal dan mengambil hak milik orang lain secara tidak legal alias dengan aksi pembegalan.

4 Faktor dan Penyebab Maraknya Begal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment