Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Saturday, March 21, 2015

4 Tips Menghindari Begal dan Curanmor Saat Parkir

Harta benda yang kita usahakan selama ini, banting tulang peras keringat, siang hari malam hari tentunya harus kita jaga jangan sampai hilang dan dicuri orang lain, apa lagi dengan maraknya aksi para begal akhir-akhir ini, terutama kendaraan roda 2 atau motor, saat anda singgah di suatu tempat atau anda sudah sampai ditempat tujuan tentu anda akan memarkir kendaraan bermotor anda, di situ kadang begal melakukan aksinya, banyak modus yang mereka lakukan untuk mendapatkan motor kesyangan anda, salah satu pengalaman yang pernah terjadi adalah begal akan membuka jok motor anda untuk mengambil barang berharga yang anda simpan di dalamnya, bisa berupa dompet, STNK motor ataupun SIM dan bisa juga uang yang sempat anda simpan di jok motor anda. Oleh karena itu hindari semaksimal mungkin menyimpan barang berharga di dalam jok motor. Kali ini belati.blogspot.com akan membahas tentang tips dan cara menghindari begal saat memarkir kendaraan bermotor.
Tips Menghindari Begal dan Curanmor Saat Parkir

Selalu Gunakan Kunci Ganda 

Saat anda memarkir motor anda gunakan kunci ganda, hal ini salah satu usaha yang bagus untuk menghindari pembegalan atau pencurian kendaraan bermotor, seorang pencuri motor akan berpikir sebelum melakukan aksinya, ketika si pencuri atau begal melihat bahwa motor yang akan dicurinya memakai kunci ganda, maka ia akan menimbang kira-kira berapa waktu yang akan dibutuhkan untuk memecahkan kunci utama dan kunci kedua (kunci ganda), seandainya kunci utama bisa bisa dirusak dalam jangka waktu 2 atau 3 menit maka berapa waktu yang akan dibutuhkan untuk merusak kunci yang kedua, belum lagi resiko diketahui orang dengan tempo waktu yang lumayan panjang untuk membuka kunci ganda tadi, akhirnya biasanya si begal akan mengurungkan niatnya mencuri motor yang memakai kunci ganda tadi setelah menimbang resiko dan tingkat kesulitan aksi.

Parkirkan Motor Anda di Tempat Parkir Resmi

Jika kita pikir, mana yang lebih ringan, kehilangan kendaraan bermotor akibat dicuri begal atau mengorbankan uang hanya seribu perak untuk membayar parkir? Tentu hanya mengeluarkan uang seribu atau dua ribu rupiah jauh lebih ringan, usahakan anda melakukan parkir di tempat parker resmi milik pihak tempat anda singgah, begitu pula tempat parkir yang memeriksa STNK motor lebih aman dari pada yang hanya sekedar memakai kartu parkir saja.

Awasi Situasi dan Keadaan

Salah satu ciri-ciri begal adalah mereka pintar membaca situasi dan kondisi, sering diistilahkan oleh para polisi dengan melakukan mapping/pemetaan yang matang terhadap keadaan lingkungan sekitar, sebagaimana dipaparkan di muka bahwa selayaknya anda memilih tempat parkir resmi dengan penjagaan maksimal untuk keamanan kendaraan anda, jika anda terpaksa memarkir kendaraan anda pada tempat yang tingkat keamanannya minim, awasi keadaan, misalnya apakah di dekat tempat itu ada mobil boks atau pick up atau truck? Ini salah satu ciri pembegal atau pelaku curanmor, ketika pemilik kendaraan terutama motor telah merasa aman memarkir kendaraannya maka dengan mudah para begal ini akan menggotong motor anda lalu memasukkannya ke dalam mobil boks atau truck tadi.

Tampilan Kendaraan Juga Berpengaruh

Salah satu tips menghindari begal atau pencurian kendaraan adalah dengan seminimal mungkin menghindari “curi perhatian” dari pelaku kejahatan, motor dengan tampilan biasa atau tertutup akan lebih minim terjamah oleh begal dibandingkan dengan motor dengan tampilan mewah, mengkilap luar biasa, oleh karena itu hindari memajang kendaraan untuk pamer dengan tampilan “menor” yang bisa mencuri perhatian begal di sekeliling anda.

Demikianlah artikel tentang 4 tips menghindari begal dan curanmor saat parkir, semoga bermanfaat dan kendaraan anda aman!

4 Tips Menghindari Begal dan Curanmor Saat Parkir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 comments:

Post a Comment