Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Tuesday, March 31, 2015

7 Macam Jenis Beras dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

7 Macam Jenis Beras dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh. Beras merupakan bahan makanan pokok yang disantap oleh masyarakat di tanah air secara khusus dan umumnya Negara-negara di kawasan Asia Tenggara, disertai dengan lauk-pauk, hidangan beras merupakan makanan yang disantap sehari-hari sekurang-kurangnya tiga kali dalam sehari, keseharian memakan nasi merupakan kebiasaan yang umum dan lumrah, namun tahukah anda bahwa beras tidak hanya terdiri dari satu macam atau satu jenis saja, ternyata beras setidaknya terdiri atas tujuh jenis dengan berbagai variasi manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan.

Sebagaimana jenis dan macamnya berbeda-beda, begitu pula nutrisi dan zat-zat bermanfaat yang dikandungnya juga bermacam-macam sesuai dengan jenisnya tadi. Kali ini belati.blogspot.com akan menyajikan artikel berkaitan dengan macam-macam beras dan manfaat khususnya bagi kesehatan tubuh manusia.


Beras Jasmine
7 Macam Jenis Beras dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Dinamakan dengan beras jasmine karena aroma dan baunya yang harum semerbak sehingga menggugah selera orang yang mencium aromanya, di antara manfaat khusus yang dimiliki oleh beras jasmine ini adalah manfaatnya untuk menghilangkan rasa nyeri dan sakit pada otot tubuh akibat surplus asam amino dalam tubuh seseorang. 



Beras Putih (Beras Biasa)
7 Macam Jenis Beras dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Beras putih inilah yang umum dikonsumsi oleh masyarakat secara luas dan dijadikan sebagai makanan pokok sehari-hari, di samping teksturnya yang sederhana dan gampang dicerna oleh tubuh manusia baik manula, anak-anak maupun dewasa, beras putih juga mempunyai kandungan berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan kesehatannya, kandungan-kandungan nutrisinya disinyalir bermanfaat sebagai pencegah diare, masalah usus besar seperti peradangan dan juga apa yang dikenal dengan dengan morning sickness yang bisas menimpa ibu hamil. Begitu pula fakta bahwa jenis beras putih ini lebih mudah diproses menjadi berbagai jenis makanan olahan rumah tangga.

Beras Merah
7 Macam Jenis Beras dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Di antara manfaat yang terkandung dalam beras merah adalah pemenuhan asupan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yang disinyalir para ahli kesehatan sangat berperan dalam mengatur kadar kolesterol darah dan insulin. Selain itu banyak pakar kesehatan juga mengatakan bahwa beras merah mengandur B6 yang sangat berperan dalam membangun serotin secara seimbang, begitu juga pembentuan sel darah merah sangat dipengaruhi oleh produksi mencukupi dari serotin ini.



Beras Ketan
7 Macam Jenis Beras dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Biasanya kita menemukan beras ketan sebagai bahan utama makanan-makanan olahan kue, di antara nutrisi yang bisa ditemukan dalam beras ketan ini adalah zat tembaga yang berperan banyak dalam memperkuat jaringan ikat, begitu pula fungsinya dalam meningkatkan imunitas tubuh dan menopang kesehatan otak.



Beras Cokelat
7 Macam Jenis Beras dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi yang bagus dalam beras coklat membuatnya menjadi makanan yang bagus untuk dikonsumsi, selain kandungan kalorinya yang minim, beras cokelat juga mengandung minyak larut yang sangat bagus untuk mengkontrol kolesterol jahat pada tubuh.



Beras Hitam
7 Macam Jenis Beras dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jenis beras ini mengandung zat anti inflamasi yang bagus untuk penderita penyakit Alzeimer dan juga bagi penderita penyakit diabetes, selain itu kandungan nutrisi berupa anti oksidan dalam kuantitas yang banyak dibandingkan dengan jenis beras-beras yang lainnya



Basmati
7 Macam Jenis Beras dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jenis beras ini biasanya ditemukan sebagai bahan pembuatan nasi kebuli khas arab, banyak nutrisi dan manfaat yang dikandung oleh beras macam ini di antaranya di samping kandungan seratnya yang banyak (kurang lebih 20 persen), berasmati juga mengandung indeks glikemik yang sangat rendah sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Demikianlah artikel tentang berbagai jenis macam beras dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia, semoga bermanfaat.

7 Macam Jenis Beras dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

2 comments:

  1. buset ternyata jenis beras banyak juga yaaaa.. saya cuma taunya beberapa ajaa.. makasi infonyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia gan, beras emang ternyata banyak, makasih atas kunjungannya, hehe

      Delete