Belati Blog.com

Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, dan Info Terkini

Thursday, March 19, 2015

Manfaat Talbinah Untuk Kesehatan dan Apa Itu Talbinah

Manfaat talbinah bagi kesehatan dan apa itu talbinah. Sebenarnya talbinah adalah semacam bubur yang terbuat dari air rebusan tepung gandum, akhir-akhir ini talbinah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai alternatif untuk pengobatan penyakit maag. Walaupun demikian sebenarnya manfaat bahan herbal yang direkomendasi oleh Nabi Muhammad ini banyak sekali selaian sebagai obat maag. Kali ini belati.blogspot.com akan coba merunut lebih jauh tentang manfaat talbinah bagi kesehatan.

Rekomendasi Dari Nabi

Dalam sebuah riwayat shahih dari baginda Nabi, beliau bersabda:”Talbinah ini bisa menjadi penghibur bagi orang yang sedang ditimpa sakit dan bisa menghilangkan/meringankan sebagian kesedihan.”(HR.Bukhari no.5417, Muslim no.2216).

Hadits di atas dibawakan A’isyah Ummul Mukminin istri Nabi, dia (A’isyah) biasa membuatkan hidangan talbinah ini untuk mereka yang barusan ditinggal mati oleh keluarganya, karena talbinah sebagaimana dalam riwayat ini bisa menghilangkan kesedihan yang mendera seseorang.


Sebagai Obat Alami Mengatasi Maag

Talbinah mengandung nutrisi bermanfaat untuk mengatsi keluhan maag yaitu lesitin, selain terkandung dalam talbinah sebenarnya lesitin ini juga banyak terkandung dalam tepung kedelai, para dokter biasanya akan menasehati pasien penderita maag untuk mengkonsumsi makanan berlesitin, nah..talbinah inilah salah satunya.

Masalah Menopouse

Zat yang dinamakan dengan vitoestrogen banyak terkandung dalam tepung talbinah, zat bermanfaat ini sangat bagus untuk mengantisipasi permasalahan yang timbul saat menpouse, sehingga mengkonsumsi talbinah sangat bagus untuk mengantisipasi masalah menopause. Begitupula terkadang pada masa-masa menopause ini seseorang sering dihadapkan dengan masalah-masalah pada tulang atau yang lebih dikenal dengan istilah osteoporosis, dengan rutin dan rajin memakan talbinah osteoporosis ini bisa diminimalisir.

Masalah Pencernaan Secara Umum

Pada talbinah terkandung nutrisi berupa magnesium yang amat bagus sebagai pemelihara pencernaan tubuh pada manusia, sehingga hal ini pula yang membuat banyak pakar kesehatan merekomendasikan talbinah ini untuk solusi penyakit maag, begitu pula manfaat lain yang bisa dipetik dari kandungan magnesium yang dalam jumlah besar ada pada talbinah adalah pengaruh positifnya dalam menjaga kesehatan jantung manusia.

Manfaat-manfaat Lain

Selain manfaat-manfaat yang telah kami sebutkan di atas, ternyata talbinah juga mempunyai segudang manfaat lain yang tidak bisa kami urai secara rinci satu per satu, di antaranya: talbinah sangat bagus untuk dikonsumsi oleh anak kecil yang menderita sembelit, nutrisi berupa betaglocan pada talbinah sangat bagus untuk dikonsumsi sebagai alternatif pengendali kolesterol pada darah, talbinah jua bagus sebagai pembantu untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan mikroorganisme serta mikroba pengganggu kesehatan, hal ini dikarenakan kandungan serat alami yang ada pada talbinah ini dan begitu juga kandungan potassium pada tepung talbinah sangat bagus sebagai penyeimbang zat garam dan air pada tubuh manusia.

Cara Mengkonsumsi/Penyajian Talbinah

Berikut ini cara konsumsi dan penyajian talbinah yang bisa ditiru:

Bahan-bahan:

Segelas air putih

Segelas susu

Dua sendok makan tepung talbinah

Bisa juga ditambah dengan satu sendok makan madu murni
Manfaat Talbinah Untuk Kesehatan dan Apa Itu Talbinah


Proses Pembuatan:

Segelas air putih tadi dicampur di atas panci kemudian dipanasakan sambil diaduk-aduk agar bercampur secara sempurna, 
Manfaat Talbinah Untuk Kesehatan dan Apa Itu Talbinah

Setelah itu tambahkan madu dan susu segar tadi ke dalam panci, terus saja diaduk sampai berubah warna menjadi warna susu agak keruh. Talbinah spesial bisa dikonsumsi.

Manfaat Talbinah Untuk Kesehatan dan Apa Itu Talbinah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ehwah

0 comments:

Post a Comment