Belati Blog.com

Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, dan Info Terkini

Thursday, April 2, 2015

4 Buah-buahan Khas Indonesia dan Manfaat Luar Biasanya Bagi Kesehatan

Kekayaan alam Indonesia yang luar biasa, banyak menyimpan berbagai macam jenis buah-buahan khas dan asli Indonesia yang kaya manfaat dan khasiat. Tumbuh dengan mudah diberbagai wilayah tanah air, buah-buahan khas Indonesia ini dijual dengan harga yang lumayan murah dibandingkan dengan buah-buahan impor lainnya. Berikut belati.blogspot.com ulas tentang 4 buah-buahan khas Indonesia dan manfaat luar biasanya untuk kesehatan. Selamat menyimak!

Buah Duku
Buah-buahan Khas Indonesia dan Manfaat Luar Biasanya Bagi Kesehatan

Buah yang satu ini tumbuh subur di beberapa wilayah tanah air, terutama di daerah Nusa Tenggara, dengan bentuk bulat agak lonjong, buah duku dikenal dengan rasanya yang manis campur masam, ketika buah duku anda buka, maka beberapa suing potongan-potongan buah duku bisa anda nikmati, matangnya buah duku bisa diketahui dengan perubahan warnanya dari hijau menjadi kuning bersih.

Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

Sebenarnya buah duku mempunyai kandungan nutrisi yang bisa dikatakan tak kalah jauh dari buah-buah sejenis lainnya, taruhlah buah apel misalnya, buah duku jauh melampaui buah apel dari sisi kandungan nutrisi bermanfaatnya, mulai dari kandungan zat besi sebanyak hampir 1 miligram begitu pula mineral sebanyak hampir 0,8 miligram dan juga kalori yang mencapai 70 mg ini jauh dari kandungan nutrisi sejenis yang ada pada buah apel. Selain itu biji duku yang rasanya pahit itu bisa anda tumbuk dengan dicampur air sebagai obat demam dan juga obat cacingan, kulit buah duku juga biasa dimanfaatkan sebagain orang untuk obat sakit diare.

Buah Cempedak
Buah-buahan Khas Indonesia dan Manfaat Luar Biasanya Bagi Kesehatan

Buah cempedak memang belum terlalu dikenal luas oleh masyarakat terutama masyarakat perkotaan, buah yang dalam bahasa sunda biasa disebut dengan nama Nangaka Beurit ini memiliki bau dan aroma yang sangat khas, amat mirip dengan bau durian, dari segi bentuk dan isi dalamnya sangat mirip dengan buah nangka yang biasa kita temukan, namun Cempedak bentuknya agak lonjong memanjang.

Manfaatnya Untuk Kesehatan

Buah cempedak mengandung nutrisi yang bagus terutama untuk mata, hal ini karena kandungan vitamin A-nya yang sangat tinggi, begitu pula buah yang satu ini juga mengandung serat dalam kuantitas yang cukup banyak sehingga sangat bagus bagi dikonsumsi bagi anda yang mempunyai masalah pencernaan, dan yang terakhir cempedak kaya akan vitamin C dan anti oksidan yang sangat bagus untuk memelihara dan menjaga imunitas serta kekebalan tubuh anda.

Buah Manggis
Buah-buahan Khas Indonesia dan Manfaat Luar Biasanya Bagi Kesehatan

Buah manggis kadang juga disebut dengan nama sentul dan kecapi, buah khas Indonesia ini banyak dibudidayakan di beberapa wilayah nusantara, bentuknya yang khas yaitu bulat berwarna ungu kemerahan, dengan isi buah berwarna putih bersih di dalamnya disertai dengan bau dan aroma yang luayan harum cukup untuk membuat buah ini digandrungi sebagain orang, apalagi jika kita mengetahui nutrisi dan manfaat kesehatan yang dikandung oleh buah ini.

Manfaatnya Untuk Kesehatan

Sebagaimana buah cempedak, buah manggis juga kaya akan serat dan vitamin C yang sangat bagus untuk mendongkrak kekebalan tubuh dan imunnya, di samping itu juga buah manggis mengandung banyak kalsium dan karbo hidrat dalam jumlah yang cukup banyak. Dewasa ini penelitian dan riset yang dilakukan oleh para herbalis membuktikan bahwa ternyata kulit manggis merupakan obat luar biasa untuk berbagai penyakit berat, kandungan nutrisi yang terdapat dalam kulit manggis terbukti bisa membunh sel kanker, sebagai anti oksidan yang bagus dan sebagai pembasmi leukemia dan lain-lain.

Buah Durian
Buah-buahan Khas Indonesia dan Manfaat Luar Biasanya Bagi Kesehatan

Buah durian termasuk buah yang unik, karena kulitnya yang dipenuhi dengan duri-duri tajam di seluruh sisinya, dibutuhkan teknik khusus untuk membuak buah yang dalam bahasa sunda disebut dengan Kadu ini yaitu dengan melihat sisi belahan yang bisa dilihat pada sisi kulitnya, buah ini memiliki aroma yang khas dan tajam, rasa buahnya yang manis dengan warna putih kekuning-kuningan menjadikannya buah yang khas dan disukai oleh sebagian penggemar buah walaupun harganya yang lumayan mahal.

Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Bagai anda yang ingin menjaga kesehatan tulang, ada baiknya anda sering makan buah durian, kandungan potassium durian yang lumayan tinggi sangat direkomendasi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan persendian. Di samping itu durian juga dikenal sebagai buah yang kaya akan magnesium yang membantu menjaga dan mengontrol kadar gula dalam darah.
Demikoanlah artikel tentang 4 buah-buahan Indonesia dan manfaat luar biasanya bagi kesehatan, semoga beranfaat.

4 Buah-buahan Khas Indonesia dan Manfaat Luar Biasanya Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ehwah

0 comments:

Post a Comment