Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Thursday, April 30, 2015

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Memiliki anak yang memiliki sifat berani dan penuh percaya diri menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua, namun sifat ini tidak dapat tumbuh dengan sendirinya tanpa adanya peran dari orang tua, oleh sebab itu sudah seyogyanya bagi orang tua untuk menggali serta memotivasi si kecil agar memiliki kepercayaan diri sejak dini.

Berikut trik-trik untuk membangun kepercayaan diri pada sang buah hati:
Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak
Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak

Tujukkan Cinta dan kasih Sayangmu Pada Si Kecil

Anak adalah anugrah bagi orang tua, menyayangi dan mengasihi anak sudah menjadi kewajiban orang tua, anak yang mengetahui bahwa dirinya disayangi oleh kedua orang tuanya aka merasa lebih nyaman dan lebih percaya diri dibanding anak yang tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya. anak yang diberikan kehangatan dan kasih sayang akan membuatnya merasa diterima dan dihargai. dan hal ini berpengaruh kepada kepercayaan diri mereka.

Dengarkan Anakmu

Anak-anak kerap berkata hal-hal yang menurut orang dewasa sesuatu yang tidak penting, namun orang tua yang bijak akan senang duduk bersama sang buah hati mendengarkan semua hal yang ingin dikatakannya. Tentu kita mengerti bagaimana rasanya jika orang yang kita ajak bicara tidak mau mendengar apa yang kita bicarakan, begitu pula halnya dengan anak-anak merekapun merasakan hal yang sama, mereka akan kecewa jika pembicaraannya tidak didengar hingga mereka berfikir bahwa mereka tidak dihargai, hingga dapat mempengaruhi kepercayaan diri mereka. oleh karena itucobalah untuk duduk bersamanya dan dengarkan semua hal yang ingin dikatakannya.

Jangan Memuji Mereka Secara Berlebihan

ketika anak melakukan hal yang terpuji atau mereka mendapat prestasi di sekolah maka, janganlah segan-segan untuk melontarkan pujian kepada mereka, namun yang harus dihindari adalah berlebih-lebihan dalam memberikan pujian karna akan membuat si kecil tidak nyaman, bahkan ia akan merasa malu jika sang ibu terlalu sering memujinya di hadapan orang lain.

Beri Semangat

Orang tua tentu sangat senang jika buah hatinya aktif menjalankan aktifitasnya, rajin-rajinlah memberikan semangat ketika si kecil mulai beraktifitas, saat ia merasa gagal meraih targetnya dorong dia untuk tidak berputus asa dan terus berusaha, dengan demikian si kecil akan terpacu dan terdorong untuk jadi lebih baik dari hari ke hari.

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment