Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Friday, April 3, 2015

Gejala-gejala Penyakit Meningitis yang Menimpa Olga Syahputra

Gejala-gejala Penyakit Meningitis yang Menimpa Olga Syahputra. Media massa dikejutkan dengan kabar meninggalnya komedian kondang Olga Syahputra di tempat ia dirawat negeri jiran Singapura, banyak yang mengatakan bahwa penyakit yang diderita Olga adalah penyakit meningitis atau juga dikenal dengan penyakit radang selaput otak. Penyakit ini tergolong sebagai penyakit yang serius dan memerlukan penanganan yang intensif dan khusus, lebih jauh mengenai penyakit meningitis ini, belati.blogspot.com akan mengulas dalam artikel di bawah ini, artikel ini kami ramu dari berbagai sumber dan situs online tentang kesehatan di internet.

Apa Sebenarnya Penyakit Radang Selaput Otak (Meningitis)?

Penyakit meningitis sebenarnya adalah penyakit yang menyerang jaringan pelindung yang mengitari otak manusia serta sumsum tulang belakangnya, lihat lebih lengkap di Wikipedia tentang meningitis. Penyakit radang selaput otak ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari jamur, pengaruh kanker, bakteri, dan mikroorganisme lainnya, bahkan terkadang penyakit ini disebabkan oleh luka fisik yang ada pada si penreita meningitis itu. 
Gejala-gejala Penyakit Meningitis yang Menimpa Olga Syahputra

Gejala-gejala Penyakit Meningitis

Gejala-gejala yang biasa timbul pada orang dewasa yang menandakan penyakit meningitis ini di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Leher yang terasa kaku hebat
  • Sakit kepala yang lumayan parah
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kejang-kejang di sekujur badan
  • Serasa sering ingin muntah disertai mual-mual
  • Nafsu dan keinginan makan dan minum yang menurun drastis.
  • Ruam-ruam pada kulit.
Adapun gejala yang biasa timbul pada bayi biasanya agak susah untuk dideteksi, pasalnya gejala kejang-kejang dan kaku pada leher biasanya tidak timbul pada bayi, namun gejala-gejala yang kadang menandakan seorang bayi terjangkit meningitis dan timbul pada bayi di antaranya:
  • Si bayi akan menangis dalam jangka waktu yang agak lama.
  • Demam yang lumayan tinggi
  • Ada benjolan yang biasanya muncul pada kepala bayi
  • Bayi sangat pasif dan nafsu makannya yang sangat memperihatinkan.
Karena penyakit radang selaput otak ini termasuk penyakit yang kadang datang dengan tiba-tiba dan tergolong penyakit serius, maka jika bayi mengalami gejala-gejala di atas sangat perlu bagi orang tua untuk membawa si bayi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan dengan antibiotic.

Apakah Penykit Radang Selaput Otak (Meningitis) Menular?

Para dokter mengatakan bahwa penyakit meningitis bisa menular kepada orang lain, media yang biasanya bisa menjadi sarana penularan adalah cairan si penderita yang hinggap pada orang lain misalnya ingus, ludah ketika kebetulan bersin, begitu juga saat menguap, berbicara ataupun tertawa, oleh karena itu hendaknya selalu berhati-hati.

Tindakan Preventif Untuk Menghindari Penyakit Meningitis (Radang Selaput Otak)

Sebagaimana disampaikan di atas, penyakit meningitis termasuk penyakit berat dan serius, oleh karena itu hendaknya kita memperhatikan dan melakukan tindakan-tindakan pencegahan agar penyakit serius ini tidak menimpa kita dan keluarga, berikut tindakan-tindakan yang bisa anda usahakan agar terhindar dari penyakit meningitis ini:
  • Jika ada pasien meningitis, maka usahakan semaksimal mungkin untuk tidak memakai segala peralatan yang biasa dipakai ole si pasien, karena sifat penyakit radang selaput otak ini yang mudah menular, peralatan seperti handuk, sabun, pasta gigi, sikat gigi dan sejenisnya milik pasien hendaknya jangan sampai dipakai bersama-sama oleh yang bukan penderita, begitu juga alat-alat makan seperti piring, sendok dan lainnya dihindarkan dari selain pasien.
  • Jika terpaksa menemani pasien meningitis, hendaknya jika memungkinkan mengkonsumsi antibiotic, ini salah satu tindakan preventif agar bakteri dan virus penyebab meningitis tidak menular kepada orang lain.
  • Hal yang paling penting tentu dengan meningkatkan sanitasi dan kebersihan, apalagi jika berdekatan dengan lingkungan dengan tingkat epidemic meningitis yang tinggi, usahakan mencuci tangan sebersih mungkin dengan sabun di air yang mengalir agar bakteri atau virus yang bisa jadi hinggap ditangan bisa dibersihkan sebelum anda memegang makanan dengan tangan anda.
  • Ikhtiar terakhir adalah selalu menutup mulut saat anda ingin menguap ataupn bersin.
Demikianlah artikel tentang gejala-gejala penyakit meningitis yang menimpa artis Olga Syahputra, dan terakhir kita mendoakan Olga semoga diampuni oleh Yang Maha Kuasa.

Gejala-gejala Penyakit Meningitis yang Menimpa Olga Syahputra Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment