Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Saturday, April 4, 2015

Kekayaan Alam Luar Biasa Pulau Natuna yang Diklaim China

Kekayaan Alam Luar Biasa Pulau Natuna yang Diklaim ChinaPresiden Joko Widodo (Jokowi) sempat dibuat geram oleh klaim China yang “serampangan” memasukkan pulau Natuna ke wilayah negaranya, ketika melawat ke Negara Jepang sempat mengungkapkan kekesalannya kepada salah satu media di sana, sontak berita tentang kegeraman Presiden menjadi headline berita beberapa media terkemuka tanah air. Yang menjadi pertanyaan adalah apa gerangan daya tarik yang tersimpan di pulau Natuna yang membuat China tertarik untuk memilikinya? Kali ini belati.blogspot.com akan mengajak pembaca berkunjung ke pulau terluar Indonesia ini untuk sejenak mengetahui kekayaan alam, keindahan wisata dan berbagai daya tarik alami yang ada di pulau Natuna. Selamat menyimak!

Birokrasi/Pemerintahan Kabupaten Natuna
Kekayaan Alam Luar Biasa Pulau Natuna yang Diklaim China

Natuna merupakan salah satu kabupaten yang berinduk ke provinsi kepulauan Riau, daerah Natuna berbatasan langsung dengan beberapa Negara tetangga, di bagian utara berbatasan dengan Negara Kamboja dan Vietnam, dan dengan Negara Singapura serta Malaysia di sebelah baratnya. Letak natuna sangat strategis, pasalnya jalur Natuna adalah jalur pelayaran internasional yang selalu ramai di lalui kapal-kapal bisnis yang mengangkut barang dagangan siang malam. Daerah Natuna kebanyakan berupa perbukitan indah disertai dengan gunung-gunung yang mengelilinginya. Kepadatan penduduk di kabupaten Natuna tergolong masih minim pada tahun 2010 silam, tercatat jumlah total penduduknya hanya 60 ribuan saja.

Kekayaan Alam Melimpah di Pulau Natuna

Tidak berlebih jika kita mengatakan bahwa kabupaten Natuna merupakan sebuah daerah dengan kekayaan alam amat luar biasa, hal ini yang menurut asumsi sebagian pengamat menjadi daya tarik utama yang membuat China “ngiler” ingin memiliki pulau Natuna, para periset mengatakan bahwa kekayaan berupa minyak bumi yang masih belum diekplorasi maksimal di pulau Natuna berjumlah 1. 400.386.470 barl, eksplorasi yang dilakukan selama ini masih belum maksimal sehingga pulau ini diperkirakan akan menjadi cadangan minyak bumi utama Indonesia di masa mendatang, adapaun gas buminya diperkirakan mencapai 112.356.680.000 barel.

Selaian kekayaan alam berupa persediaan minyak bumi dan gas alam, Natuna memiliki kekayaan lain yang sangat potensial yaitu sifatya sebagai kabupaten dengan topografi kepulauan yang dikelilingi oleh lautan yaitu kekayaan ikannya, setahun saja pulau Natuna bisa menghasilkan 1.000.000 ton ikan laut, namun sekali lagi pengelolaan yang masih bersifat tradisional dalam bidang perikanan di pulau ini menyebabkan tingkat produksi tidak terlalu maksimal.

Begitu juga lahan dan kondisi tanah pulau Natuna yang cukup subur menjadikan bisnis pertanian dan juga perkebunan sangat cocok untuk terus dikembangkan.

Potensi Wisata Pulau Natuna
Kekayaan Alam Luar Biasa Pulau Natuna yang Diklaim China

Keindahan alam pulau Natuna sudah lama menjadi incaran para turis lokal maupun manca Negara ke Indonesia, tanahnya yang berbukit nan hijau dengan hiasan pantai-pantai indah dengan pasir putihnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Begitu pula bebatuan-bebatuan indah disekeliling pantainya. Salah satu lokasi yang menjadi objek wisata lumayan menarik di pulau kabupaten Natuna adalah pulau Senua, salah satu keistimewaannya adalah pantai-pantai dengan pasir putih dikelilingi oleh gunung-gunung indah, pantainya masih sangat alami dengan hiasan terumbu karang dan air lautnya yang sangat jernih, selain pulau Senua ada pulau lain yang juga sekarang ini mulai dikenal luas yaitu pulau Anambas Natuna, pualu ini disebut-sebut sebagai pulau tropis paling indah di seluruh Asia, berbagai objek wisata andalan terdapat di pulau ini.

Itulah sekilas tentang keindahan dan kekayaan alam pulau natuna Indonesia yang sekarang ini dikalim tanpa dasar hukum yang jelas oleh China, semoga pemerintah bisa mempertahankan kepemilikan pulau ini.

Kekayaan Alam Luar Biasa Pulau Natuna yang Diklaim China Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment