Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Wednesday, May 27, 2015

Begini Suasananya Saat Terompet Sangkakala Ditiup Malaikat

Beberapa orang yang meng-upload video berisi bunyi “aneh” mirip suara terompet dari langit sempat menggegerkan jagat maya, suara-suara “aneh” itu menyisakan berbagai pertanyaan bagi sebagian kalangan masyarakat dunia, berbagai teoripun diungkapkan mengenai penyebab dan sumber asal suara terompet itu, mulai dari teori geologi, teori gesekan kereta, teori atmosfer sampai teori tentang gerakan UFO dan pesawat Allien yang menimbulkan suara mirip suara terompet raksasa.
Saat Terompet Sangkakala Ditiup Malaikat

Terlepas dari berbagai teori-teori di atas, belum diketahui mana teori yang bisa dipertanggung jawabkan, sebenarnya bunyi terompet semacam ini mengingatkan kita-terutama ummat Islam-tentang peristiwa penting nanti di hari kiamat menjelang terjadinya persitiwa akhir bumi (kiamat) itu yaitu peniupan terompet yang akan dilakukan oleh malaikat Allah yang bernama Israfil.

Bentuk Terompet Israfil

Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang shahih bahwa terompet yang akan ditiup oleh Israfil itu seperti sebuah tanduk besar, “Dari Abdullah bin Amr, ada seorang badui bertanya kepada baginda Nabi: “Apa yang dimaksud dengan terompet (yang akan ditiup oleh Israfil itu)? Beliau lantas menjawab:”Sejenis tanduk yang akan ditiup.” (Hadits Shahih, lihat Silsilah as-Shahihah no.1080).

Dalam hadits yang shahih pula baginda Nabi mengabari kita bahwa malaikat yang bertugas meniup terompet itu yaitu malaikat Israfil telah lama siap untuk melaksanakan perintah Allah untuk meniup sangkakala (terompet), yaitu semenjak Allah menciptakan terompet itu sendiri. Baginda Rasulullah bersabda:”Sungguh mata malaikat Israfil semenjak ia ditugaskan selalu siap, selalu melihat ke Arasy Allah, ia khawatir segera diperintah sebelum matanya berkedip, matanya laksana dua buah bintang yang bersinar.”(Hadits Shahih, lihat Silsilah as-Shahihah no.1078).

Berapa Kali Malaikat Israfil Meniup Terompet?

Mayoritas para ulama Islam mengatakan bahwa malaikat Israfil akan meniup terompetnya sebanyak dua kali saja, selesai tiupan pertama seluruh makhluk yang berada di langit dan di bumi semuanya tewas dan mati, lantas pada tiupan yang ke-2, seluruh makhluk yang tewas tadi hidup dan berdiri kembali, hal ini sebagaimana dilansir dalam al Quran:”Lalu ditiuplah sangkakala, maka matilah semua yang ada di langit dan di bumi, lalu di tiuplah sekali lagi, maka merekapun berdiri sambil melihat.”(QS:az Zumar:68).

Hal ini juga berdasarkan hadits shahih yang diriwayatkan Imam Bukhari (4651) dan Imam Muslim (2955) dari Sahabat Abu Hurairah Dia Berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Antara dua tiupan ada empat puluh”. Mereka berkata : wahai abu Hurairah, (apakah maksudnya) empat puluh hari? Abu Hurairah menjawab:”Aku tidak bisa memastikan.” Mereka lantas berkata lagi:”Maksudnya empat puluh tahun? Abu Hurairah menjawab:”Aku tidak bisa memastikan.” Abu Hurairah lantas mengatakan:”Lalu turunlah hujan dari langit, lantas merekapun tumbuh (hidup) laksana tumbuhnya kol. Dan tidaklah ada bagian tulang manusia yang kekal melainkan satu tulang saja yaitu tulang ekor, dari tulang ekor inilah makhluk disusun pada hari kiamat.” 

Mengingat peristiwa-peristiwa seperti ini seharusnya membuat setiap muslim untuk senantiasa mempersiapkan diri untuk menghadapi hari kiamat yang mesti akan terjadi kelak dengan memperbanyak amal kebajikan dan ibadah kepada Allah subhanahu wata’ala.

Referensi :

-al Qiyamah al Qubra karya Umar al Asyqar halaman 33-42
-A’lam as Sunnah al Mansyurah halaman 122

Begini Suasananya Saat Terompet Sangkakala Ditiup Malaikat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 comments:

Post a Comment