Belati Blog.com

Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, dan Info Terkini

Friday, May 15, 2015

Ini 5 Hal yang Bisa Mengurangi Daya Tahan Tubuh Anda

Sistem imunitas merupakan hal yang amat penting bagi kesehatan tubuh, sistem imunitas yang baik mampu membantu tubuh mencegah serangan yang berasal dari virus, bakteri atau jamur yang dapat mengakibatkan penyakit-penyakit tertentu pada tubuh. oleh karena itu, menjaga daya tahan tubuh agar selalu berada dalam keadan yang baik amatlah penting, untuk itu dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat serta menghidari hal-hal yang mempengaruhi daya tahan tubuh hingga ketahanannya menurun.berikut ini ulasan tentang hal-hal yang dapat memperburuk daya tahan tubuh.

Kurang Tidur

Mendapatkan waktu tidur yang cukup sangatlah penting bagi tubuh, karena jika kurang tidur maka tubuh tidak dapat mamproduksi melatonin yang cukup sehingga sistem imun tidak dapat memproduksi sel darah putih yang cukup pula, hal ini akan mengakibatkan turunnya imunitas tubuh yang dapat mengakibatkan tubuh tidak dapat melawan infeksi.

Terlalu Lama Duduk

Jika anda memiliki pekerjaan yang menharuskan anda duduk di kursi dalam waktu yang cukup lama, maka ini dapat mempengaruhi daya tahan tubuh anda, karena duduk terlalu lama akan memperlambat proses metabolisme tubuh yang dapat mengakibatkan kurangnya penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Polusi Udara

Udara yang terkena polusi akan berdampak buruk bagi organ paru-paru dan sistem imunitas tubuh. beberapa penelitian membuktikan bahwa polusi udara dapat mensupresi komponen sistem imun tubuh yang bernama T-cell. dan jika hal ini terjadi maka akan menimbulkan peradangan pada tubuh 

Terlalu Banyak Menkonsumsi Daging

Daging adalah makanan yang kaya akan kandungan protein, namun disarankan untuk tidak terlalu banyak menkonsumsi daging karena dapat membuat tubuh memproduksi hormon IGF yang berlebihan yang mana hal ini dapat memicu proses penuaan, selain itu terlalu banyak mengkonsumsi daging hewan dapat menghambat kinerja sistemimun tubuh.

Stress yang Berkepanjagan

Mengalami stres dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menimbulkan ketidakseimbangan hormon. stress yang berkepanjangan dapat meningkatkan kadar kortisol yang dapat mengurangi kadar hormon testosterone dan estrogen. ketidakseimbangan hormon tersebut akan mengurangi kinerja sistem imun tubuh.

Ini 5 Hal yang Bisa Mengurangi Daya Tahan Tubuh Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ehwah

2 comments:

  1. baru tahu kalau ternyata komsumsi daging berlebih bisa menurunkan daya tahan tubuh... Kirain daging bisa dijadikan sumber energi yang baik. Salam Kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak hanya itu, makan daging berlebih bisa juga menimbulkan apa yang dinamakan dengan GERD, yaitu penyakit yang timbul karena naiknya kembali isi lambung termasuk asam lambung ke kerongkongan, GERD ini menimbulkan dampak2 berbahaya lainnya bagi kesehatan.

      Delete