Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Wednesday, May 27, 2015

Ini Bahaya Berolahraga di Waktu Malam

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar sangat dianjurkan untuk menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi selain itu hendaknya melakukan olahraga secara rutin. karena olahraga merupakan salah satu kunci untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. namun hendaknya olahraga dilakukan di pagi, siang atau sore hari. namun tidak sedikit dari kita yang berolahraga pada malam hari dengan alasan kesibukan yang padat hingga mereka tidak sempat bahkan tidak bisa berolahraga selain di malam hari. padahal berolahraga di malam hari tidak disarankan, salah satu sebabnya karena dapat memperbesar resiko cedera. 
Ini Bahaya Berolahraga di Waktu Malam

Seorang Dokter spesialis ortopedi di Rumah Sakit Premier Bintaro yang bernama Dokter Sapto Adji Hardjosworo menjelaskan bahwa malam hari adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat, ritme tubuh pun sudah dipersiapkan untuk hal itu. Olahraga yang dilakukan pada malam hari memperbesar resiko adanya cedera. dan olahraga sebaiknya tidak dilakukan lebih dari jam Sembilan malam. 

secara alamiah manusia mempunyai ritme biologis yang dipengaruhi oleh hormon melatolin atau yang juga disebut dengan hormon tidur. jika tiba malam hari tiba maka produksi hormon melatonin akan semakin meningkat sehingga menyebabkan timbulnya rasa kantuk. berolahraga di malam hari sama halnya dengan memaksa tubuh untuk beraktifitas yang sebenarnya sudah siap untuk beristirahat dan tidur. dan olahraga di malam hari dilakukan bukan pada waktu yang semestinya.

Selain resiko cedera, berolahraga pada malam hari di atas jam 9 malam akan membawa dampak buruk lain seperti terganggunya kualitas tidur, hal ini disebabkan karena ketika berolahraga denyut jantung terpacu menjadi lebih cepat, sehingga tubuh memerlukan waktu untuk menurunkannya kembali

Dokter Sapto mengatakan bahwa setelah seseorang melakukan olehraga di malam hari, biasanya kualitas tidur akan terganggu karena biasanya ketika orang tersebut hendak tidur maka akan mengalamai beberapa gangguan tidur seperti gelisah, mimpi buruk, tidur namun seperti terjaga, dan ketika ia bangun tidur maka akan merasa tidak segar. Oleh karena itu jika anda hanya sempat berolahraga di malam hari sebaiknya anda melakukannya maksimal dua jam sebelum waktu tidur.

Ini Bahaya Berolahraga di Waktu Malam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment