Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Tuesday, May 19, 2015

Makin Digaruk Makin Gatal, Apa Sebabnya?

Jika ada bagian tubuh yang terasa gatal, apakah yang anda lakukan? semua pasti akan menjawab menggaruk bagian yang gatal tersebut. kadang secara refleks kita menggaruk bagian tubuh yang terasagatal, dan kadang kita tidak bisa menahan diri untuk tidak menggaruknya, biasanya kita tidak akan berhenti menggaruk dengan berharap rasa gatal akan hilang denga cepat.
Makin Digaruk Makin Gatal, Apa Sebabnya?

Menurut para ahli sebenarnya menggaruk bagian tubuh yang terasa gatal tidak menjamin dapat menghilangkan rasa gatal, sebaliknya menggaruk bagian tubuh yang gatal akan menambah bagian tubuh tersebut semakin terasa gatal.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang menggaruk bagian tubuhnya yang terasa gatal, otak akan memproduksi hormon serotonin yang akan membuat orang itu merasa semakingatal. para ilmuwan menyatakan bahwa menggaruk bagian tubuh yang gatal dapat menyebabkan nyeri di kulit yang digaruk. 

Seorang peneliti senior dan direktur Pusat Studi Di Universitas Washington yang bernama Dokter Zhouw-Feng Chen mengatakan bahwa rasa nyeri yang timbul akibat menggaruk bagian tubuh yang gatal akan mengganggu rasa gatal di bagian tersebut, sel-sel saraf yang berada pada sumsum tulang belakang akan memberi sinyal rasa nyeri atau sakit ke otak, bukan sinyal gatal.

Dr. Chen juga mengatakan apabila serotonin menyebar dari otak ke sumsum tulsng belakang, serotonin akan bergerak dari neuron yang merasakan sakit atau nyeri menuju sel-sel saraf yang mempengaruhi intensitas rasa gatal, Ia juga menjelaskan bahwa sinyal rasa sakit dan gatal dikirim dari jalur yang beda namun tetap saling berhubungan.

Makin Digaruk Makin Gatal, Apa Sebabnya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 comments:

Post a Comment