Belati Blog.com

Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, dan Info Terkini

Tuesday, June 9, 2015

Ini 4 Tanaman Obat Nan Manjur Untuk Mengobati Asam Urat

Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat kerap memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan di usia yang relatif muda, salah satunya penyakit asam urat. Akhir-akhir ini gejala asam urat mulai banyak menyerang seseurang yang masih memiliki usia produktif. hal ini tentu akan menghambat produktivitas kerja sang penderita. anda tentu saja tidak ingin mengalami hal serupa bukan? oleh karena itu terapkanlah gaya hidup dan pola makanan yang sehat untuk mencegah terkena berbagai penyakit. karena mencegah tentu lebih baik dari mengobati. 
Ini 4 Tanaman Obat Nan Manjur Untuk Mengobati Asam Urat

Terutama bagi anda yang memiliki riwayat keturunan yang menderita asam urat. Mulailah menerapkan pola hidup sehat, perhatikan makanan yang hendak dikonsumsi, selain itu rutinlah memeriksakan kadar asam urat darah, agar anda bisa mengontrolnya sedini mungkin. Sebenarnya menurunkan asam urat tidak perlu menkonsumsi obat-obatan kimia dari dokter, kita dapat memanfaatkan tanaman obat yang tubuh di sekitar kita.

Berikut ini 4 jenis tanaman yang dapat dijadikan obat untuk mengatasi asam urat:

Mengkudu

Morinda citrifolia atau yang lebih di kenal di Indonesia dengan nama mengkudu merupakan salah satu tanaman obat. buah ini memiliki ciri yaitu baunya khas yang menyengat, sehingga sebagian orang tidak tetarik untuk menkonsumsinya, padahal buah mengkudu memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap.

Buah mengkudu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, antara lain sebagai antibakteri, antimalaria, antidiabetes, antiarthritis dan dapat mengurangi sifat tostik pada obat.

Untuk mengobati asam urat maka buah mengkudu dikonsumsi dalam bentuk jus. Caranya yaitu buah mengkudu yang sudah bersih dikupas kemudian dipotong-potong lalu dicuci hingga bersih. buah mengkudu yang sudah dipotong-potong kemudian dimasukkan ke dalam blender, anda dapat menambahkan gula atau madu secukupnya, setelah diblender kemudian disaring. minum ramuan ini 1 kali sehari.

Kumis Kucing

Kumis kucing atau Orthosiphon aristatus adalah tanaman asli Indonesia. Tanaman ini dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. secara umum tanaman kumis kucing berkhasiat sebagai anti inflamasi,antioksidan, penghancur batu ginjal, peluruh kemis, penghancur Kristal asam urat dan anti bakteri. Untuk membuat ramuan obat asam urat, cucilah daun kumis kucing sebanyak 7-8 lembar kemudian direbus, air rebusannya disaring dan didinginkan. minumlah ramua ini setiap pagi hari.

Kayu Manis

Kayu manis (Cinnamomum burmani) merupakan salah satu rempah-rempahan dan pemberi aroma pada makanan dan minuman. Kayu manis memiliki efek farmakologis hingga dibutuhkan dalam dunia pengobatan.

Seorang pakar pengobatan herbal bernama Prof. Hembing Wijayakusuma menyatakan bahwa kayu manis memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit seperti masuk angin, kembung, sakit kepala, sariawan, hipertensi, asam lambung, diare hernia, susah BAB, sakit kuning dan asam urat.

adapun untuk mengobati asam urat, maka kayu manis dibuat ramuan bersama bahan-bahan lain seperti, kapulaga, cengkeh, biji pala, merica , jahe merah, dan ubi jalar merah. semua bahan tersebut direbus dalam air hingga air rebusannya tersisa 1/3, tambahkan susu cair ke dalam ramuan. ramuan sudah bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat 1 kali sehari.

Daun Salam

Daun salam memiliki aroma yang khas dan segar, oleh karena itu biasanya daun salam digunakan sebagai penyedap dalam masakan, hingga memberikan cita rasa tersendiri. tidak hanya itu, ternyata daun salam memiliki banyak manfaat farmakologis diantaranya untuk mengobati asam urat. dan bagian yang digunakan sebagai obat adalah daunnya. caranya sangat sederhana sekali, anda cukup merebus daun salam segar sebanyak 5-10 lembar dalam 5 gelas air bersih. lalu air rebusannya diminum 2-3 kali sehari.

Demikian 4 ramuan tradisional untuk mengobati asam urat, semoga bermanfaat.

Ini 4 Tanaman Obat Nan Manjur Untuk Mengobati Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ehwah

0 comments:

Post a Comment