Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Thursday, June 4, 2015

Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mudah Mengatasinya

Rambut adalah mahkota yang dapat memperindah penempilan seseorang, memiliki rambut yang indah dan sehat menjadi kebanggaan tersendiri yang dapat menambah kepercayaan diri, dan sebaliknya memiliki rambut yang kurang sehat dan rontok menjadi salah satu masalah yang cukup merepotkan bagi seseorang, rambut rontok bisa dialami semua orang diberbagai tingkat usia dan jenis kelamin. dan bagi anda yang sedang mengalami rambut rontok, tidak usah khawatir, karena ada berbagai cara untuk mengatasi rambut rontok. dan yang perlu anda ketahui bahwa tidak semua cara mengatasi rambut rontok yang akan dijelaskan dibawah ini bisa cocok atau berlaku untuk semua orang, anda harus mengetahui terlebih dahulu faktor yang menyebabkan rambut anda menjadi rontok. oleh karena itu cara mengatasinya pun beragam, tergantug dari kondisi setiap orang.
Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mudah Mengatasinya

Berikut ini beberapa faktor penyebab rambut rontok yang perlu anda ketahui:

Kebiasaan yang buruk dalam merawat rambut

Berikut ini adalah kebiasan buruk dalam merawat rambut yang tanpa disadari sering dilakukan hingga menyebabkan rambut rontok:
  • menggunakan sisir yang bergerigi rapat, terlalu sering memanaskan rambut dengan flat iron, hair dryer atau pun hot curling.
  • mengikat rambut terlalu kencang atau ketat.
  • terlalu sering mencuci rambut dalam sehari hingga menyebabkan berkurangnya kadar minyak alami rambut sehingga rambut menjadi lebih rapuh dan mudah patah.
  • jarang mencuci rambut hingga menyebabkan rambut menjadi kusut dan susah disisir. dan ketika rambut disisir dalam kondisi seperti ini, maka kemungkinan besar rambut menjadi mudah rontok.

Kondisi tubuh yang tidak sehat

Rambut rontok terkadang bisa terjadi karena kondisi tubuh yang kurang sehat seperti beberapa kondisi berikut ini:
  • Anemia
Amemia dapat menyebabkan rambut menjadi rontok, hal ini terjadi karena tubuh kekurangan zat besi pada sel darah merah, yang mana zat ini berperan pada kesehatan folikel rambut. solusinya adalah dengan menkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi dan dikombinasikan dengan vitamin C. vitamin C berfungsi membantu penyerapan zat besi agar lebih mudah dan efektif.
  • Stres
Ternyata stress dapat pula menyebabkan rambut rontok. oleh karena itu hendaknya anda menghindari tekanan yang dapat membuat anda stres baik itu dengan cara terapi, meditasi, yoga, ataupun melakukan hal-hal yang disenangi.
  • Kurang asupan kalori
Jika anda sedang mengalami diet rendah kalori untuk menurunkan badan, maka ini bisa jadi sebab rontoknya rambut anda. karena diet seperti ini akan membuat anda dehidrasi, keletihan dan keram. oleh karena itu anda dianjurkan untuk menkonsumsi protein yang cukup ketika anda menjalankan diet, karena protein merupakan zat yang baik untuk menjaga kesehatan rambut.

Menkonsumsi oba-obatan tertentu

Ada beberapa jenis obat yang apabila dikonsumsi maka akan menimbulkan efek samping seperti rambut rontok beberapa obat-obatan tersebut diantaranya adalah obat diuretic, pil Rx dan antidepresan. jika kondisi anda mengharuskan untuk menkonsumsi obat-obatan tersebut maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter, agar anda mendapat saran yang terbaik dalam masalah ini

Faktor Genetik/Keturunan

Selain dua faktor yang diseebutkan diatas rambut rontok pun bisa timbul karena faktor genetik atau keturunan.

Setelah kita mengetahui faktor-faktor penyebab rambut rontok, maka selanjutnya kami akan mengemukakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah sekaligus mengatasi rambut yang rontok.
  • Kebutuhan tubuh akan nutrisi harus dipenuhi dengan menkonsumsi makanan yang mengandung protein dan zat besi, karena kedua zatini mempunyai peran yag amat penting bagi kesehata rambut. anda dapat menemukan sumber protein yang baik dari berbagai macam makanan seperti telur, ikan, kedelai, kacang-kacagan dan lain sebagainya.
  • Gunakan kondisioner yang mengandung ginseng agar rambut anda sehat dan tidak mudah patah.
  • Saat anda menggunakan kondisioner pada rambut anda, sisirlah rambut dengan menggunakan sisir yang bergigi tidak rapat/jarang.
  • Gunakanlah shampo yang cocok dengan jenis rambut anda, dan sebaiknya anda lebih selektif dalam memilih shampo, gunakanlag shampo herbal atau yang mengandung bahan alami yang berkualitas dan terbukti dapat menatasi rambut rontok.
  • Janganlah menggunakan air panas untuk mencuci rambut.
  • Sebaiknya jangan menggunakan handuk apalagi hairdryer untuk mengeringkan rambut, untuk mengeringkan rambut cukup dengan mengangin-anginkannya saja.
  • Anda dapat menggunakan serum atau hair tonic untuk menyuburkan rambut. hair tonic yang mengandung gingseng sanagt baik untuk merangsang tumbuhnya rambut baru.
  • Sebaiknya anda menghindari minuman yang mengandung kafein, karena kafein tidak baik untuk pertumbuhan rambut.
  • Kurangi pemakaian sprey rambut, gel rambut, krim dan pewarna rambut. sebaiknya anda menggunakan produk yang terbuat dari bahan-bahan alami.
  • Masker rambut dapat anda gunakan untuk memberika nutrisi yang dapat memulihkan kesehatan rambut. masker rambut sebaiknya digunakan 2-3 kali dalam seminggu.
  • Saran terakhir, periksalah ke dokter ahli dermatologi untuk mendapatkan penanganan rambut rontok.
Demikianlah artikel mengenai rambut rontok beserta penanganannya. semoga bermanfaat.

Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mudah Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment