Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Monday, June 8, 2015

Terminal Menuju Ramadhan, Siapkan Diri Menyongsong Bulan Suci

Ramadan sebentar lagi datang, bulan suci yang banyak dinanti kaum muslimin, bulan di mana pintu kebaikan terbuka lebar dengan ganjaran dan pahal melimpah, di bulan itu pintu surga dibuka lebar, pintu neraka ditutup rapat, moment terbaik untuk mengejar ganjaran amal kebajikan yang banyak. Namun tentu ketika kita menjalani dan memasuki sesuatu yang agung, kita membutuhkan persiapan nan matang, apa saja yang perlu kita siapakan di bulan Sya’ban ini menjelang datangnya bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan mendatangi kita dengan membawa keberkahan dan semerbak wangi ibadah puasa nan agung itu?
Terminal Menuju Ramadhan, Siapkan Diri Menyongsong Bulan Suci

Persiapan Rohani

Di bulan Syaban inilah Rasulullah menempa diri sebagai persiapan untuk menghadapi Ramadhan, beliau memperbanyak amal shalih termasuk puasa, dalam riwayat Aisyah Ummul Mukminin dikatakan:

“…Aku tidak pernah melihat Nabi menyempurnakan puasa satu bulan penuh selain di bulan Ramadhan, dan aku tidak pernah melihat beliau memperbanyak puasa selain banyaknya beliau puasa di bulan Sya’ban.” (HR.Bukhari nomer hadits.1969, Muslim nomer hadits.1156). 

Begitu pula dengan Tilawah al Quran, membaca al Quran harus diperbanyak menjelang bulan Ramadhan ini yaitu di bulan Syaban, para ulama terdahulu menjadi contoh teladan yang mulia dalam masalah ini, mereka begitu semangat untuk membaca al Quran di bulan Syaban agar ketika bulan Ramadhan tiba mereka telah terbiasa dengan Tilawah Quran. Dalam kitab karya Ibnu Rajab al Hambali bernama “Lataif al Maarif” bahkan disebutkan bahwa bulan Syaban ini adalah bulannya para pembaca al Quran (Lihat di kitab tersebut halaman.138).

Secara umum, bulan Syaban ini adalah laksana terminal untuk melanjutkan perjalanan kembali ke bulan Ramadhan, dan selayaknya kita menyiapkan diri dengan berlatih mengerjakan berbagai amal shalih di bulan Syaban untuk menyongsong datangnya Ramadhan.

Persiapan Fisik

Selaian persiapan rohani dengan melatih diri mengerjakan berbagai amal shalih di bulan Syaban, perlu juga mempersiapkan fisik yang sehat supaya pelaksanaan puasa dan berbagai amal kebajikan di bulan Ramadhan bisa kita lakukan dengan maksimal. Berikut tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan prima untuk menyongsong bulan Ramadhan.
  • Istirahat yang cukup, tidur dan istirahat yang cukup merupakan salah satu faktor penting yang dengannya seseorang bisa menjaga dan mengontrol kesehatan tubuh, sebagaimana dikatakan para ahli kesehatan bahwa setidaknya 8 jam dalam sehari seseorang harus beristirahat untuk mendapatkan kebugaran yang maksimal, waktu tidur yang ideal hendaknya dimulai dari jam 9 malam sampai jam 6 pagi.
  • Bekerja dan beraktifitas di siang hari hendaknya jangan berlebih, maksimal 10 jam sehari waktu yang anda porsikan untuk bekerja dan beraktifitas, jika berlebih maka dikhawatirkan terjadi gangguan kesehatan karena tubuh diporsir untuk bekerja.
  • Makan makanan yang bergizi seimbang, asupan vitamin dan mineral yang cukup, terapkan pola makan makan 4 sehat lima sempurna. Terakhir jangan lupa berolahraga secara teratur agar tubuh tetap sehat dan bugar, dengan berolahraga maka semua bagian tubuh “dipaksa” untuk bergerak dan beraktifitas sehingga membuatnya lebih sehat dan bugar.
Demikianlah persiapan yang perlu kita lakukan di bulan Syaban untuk menyongsong dan menyambut bulan Ramadhan bulan puasa yang penuh berkah, semoga bermanfaat.

Terminal Menuju Ramadhan, Siapkan Diri Menyongsong Bulan Suci Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment