Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Sunday, August 30, 2015

Hati-hati! 5 Makanan Ini Mengandung Kolesterol Tinggi

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan kolesterol? kolesterol adalah lemak yang terdapat didalam sel tubuh atau aliran darah yang memiliki fungsi utama sebagai bahan baku pembenukan hormon serta pembentukan dinding sel. pada umumnya dai dalam tubuh kita terdapat beberapa jenis kolesterol yaitu kolesterol baik yang disebut HDL dan kolesterol jahat atau LDL. kadar kolestero dalam tubuh sebaiknya dalam kondisi yang seimbang karena jika kadar kolesterol berlebihan maka dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, salah satunya penyakit jantung koroner. Baca Juga : Subhanallah! Pria Ini Dibakar Hidup-hidup Namun Ia Tetap Meneruskan Shalatnya
Hati-hati! 5 Makanan Ini Mengandung Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi dapat disebabkan beberapa faktor, seperti faktor keturunan, obesitas atau berat badan yang berlebihan, jarang berolahraga dan faktor makanan. bagi anda yang memiliki riwayat kolesterol, sebaiknya anda menghindari makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti beberapa makana dibawah ini:

1. Kuning telur

Kuning telur merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi. meski demikian bukan berarti anda tidak boleh menkonsumsi telur, namun disarankan jika anda sudah menkonsumsi telur di pagi hari, sebaiknya anda menghindari makanan berkolesterol tinggi lainnya pada makan siang dan makan malam. pada ukuran normalnya kuning telur mengandung 213 mg kolesterol.

2. Udang

Siapa yang tak suka dengan makanan yang satu ini, udang merupakan salah satu makanan laut yang memiliki rasa yang enak. oleh karena itu udang menjadi salah satu menu andalan yang sering dipesan di beberapa rumah makan seafood. namun bagi anda yang memiliki riwayat kolesterol sebaiknya anda menghindri makanan yang satu ini. karena dapat memicu kambuhnya penyakit anda. pada umumnya 200 mg udang mengandung 195 mg kolesterol yang setara dengan 65% AKG. Baca Juga : Ini Penampakan Kerak Laut Segitiga Bermuda

3. Kerang

Sebagai mana udang, kerang juga merupakan makanan laut yang memiliki rasa sangat enak. ada berbagai macam cara menkonsumsi kerang, kerang bisa dikonsumsi setelah diolah dengan cara direbus, digoreng, dikukus, atau dipanggang, bahkan kerang dapat langsung dikonsumsi dalam keadaan mentah. namun anda jangan sampai berlebihan dalam menkonsumsinya. diketahui dalam 100 gram kerang terdapat 105 mg kolesterol yang setara dengan 35% AKG.

4. Keju

Keju juga termasuk salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi. keju merupakan produk susu yang kaya akan protein dan kalsium. keju juga bisa dijadikan sebagai bahan tambahan pada suatu makanan untuk menambah citarasanya. dalam 100 gram keju mengandung kolesterol sebanyak 123 mg atau 41% AKG.

5. Mentega

Mentega biasanya digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat makanan seperti kue, nastar, roti, biscuit dan lain sebagainya. dalam 1 sendok mentega terkandung kolesterol sebesar 30 mg atau 10% AKG, sedangkan dalam 100 gram mentega terkandung kolesterol sebesar 215 mg atau 72% AKG.

Demikian beberapa makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang perlu anda hindari. selain makanan diatas ada juga makanan tinggi kolesterol lainnya seperti minyak ikan,makanan cepat saji, ayam goreng, daging olahan, lobster dan jeroan. semoga bermanfaat.

Hati-hati! 5 Makanan Ini Mengandung Kolesterol Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment