Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Friday, September 25, 2015

Innalillahi..... Ternyata ini Penyebab 717 Jam'ah Tewas Saat Tragedi Mina

Ternyata Ini Penyebab 717 Jama'ah Tewas Saat Tregedi Mina - Dunia dan Umat Islam di dunia kembali berduka. Belum kering air mata usai insiden jatuhnya alat berat crane di Masjidil Haram, pada Kamis (24/9) kemarin. Musibah maut lagi-lagi dialami para jama'ah. kali ini kejadian mengerikan itu terjadi dikawasan Mina saat sekitar dua juta jama'ah haji dari seluruh dunia menjalankan ritual melempar jumrah.
Karena saling berdesak-desakan, banyak jama'ah haji yang sudah berusia manula terinjak-injak sehingga tewas ditempat. Sejauh ini ada sekitar 717 jama'ah haji yang mayoritas berasal dari Mesir dan Afrika menjadi korban jiwa dari insiden yang terjadi di jalan Arab 204. Jalan Arab 204 sendiri adalah salah satu rute menuju jamarat tempat jamaah haji melempar batu saat ritual jumroh di Ula dan Wusta.


Tentu banyak yang bertanya-tanya, bagaimana insiden mengerikan itu terjadi ??? rupanya keinginan setiap jama'ah yang mau mengejar waktu terbaik melempar jumroh diduga sebagai pemicunya. Saat itu jutaan jama'ah bergerak menuju Jamarat sekitar pukul 07.00 . Situasi sangatlah padat karena waktu itu disebut-sebut paling pas untuk melempar jumroh sehingga diminati para jama'ah haji.

Saat kondisi padat, sekelompok jama'ah paling depan tiba-tiba berhenti. Terjadi penumpukan berujung desak-desakan. Beberapa jama'ah jatuh dari jembatan ditengah jalur 204 sehingga muncul kepanikan massal. saat saling dorong dan injak itulah banyak perempuan dan orang tua jadi korban. "Ungkap Arsyad Hidayat, Kepala Daerah Kerja Makkah".


Arsyad melanjutkan bahwa kemungkinan jama'ah Indonesia tidak terlalu besar menjadi korban jiwa. Hal ini dikarenakan pada hari Kamis (24/9) tidak ada jadwal jama'ah Indonesia melakukan lempar Jumroh. Sehingga besar kemungkinan tiga WNI yang menjadi kroban karena tersasar.




Kalau menuju lokasi lempar Jumroh, jamaah Indonesia biasanya melewati Trowongan Muasyir dan jalan King Fahd. Lagi pula Kemenag dan Kemenlu menyepakati jamaah Indonesia dilarang melempar jumroh pada pukul 08.00 - 11.00 hari kamis (24/9), jamaah tanah air akan melempar jumroh pada Jum'at (25/9) karena jumlahnya terbesar dibanding negara lain, "tutup Arsyad (mdk/aia)

Innalillahi..... Ternyata ini Penyebab 717 Jam'ah Tewas Saat Tragedi Mina Rating: 4.5 Diposkan Oleh: anandha putri

1 comments:

  1. semoga yang meninggal mendapatkan tempat terbaik di sisi Alloh SWT amin !

    ReplyDelete