Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Friday, October 30, 2015

Cara Memasang Tabung Gas Elpiji yang Benar

Cara Memasang Tabung Gas Elpiji yang Benar - Anda ingin memasang Tabung Gas Elpiji? Namun anda takut memasang gas elpiji, karena takut terjadi ledakan??? hal yang dianggap sepele dan jarang diperhatikan entah karena plug dan burn yang simpel karena malas memikirnya yang penting nyala. Mungkin sebagian besar masyarakat sudah terbiasa layaknya memasang selang air PDAM jadi tidak terlalu memikirkan bahaya dari sebuah tekanan gas.

Bagi anda yang ingin melakukan pemasangan atau penggantian tabung gas elpiji, sebaiknya anda lakukan dengan teliti dan berhati-hati apabila anda melakukan kesalahan akibatnya akan fatal dan mengakibatkan ledakan. Berikut akan kami paparkan tentang Cara Memasang Tabung Gas Elpiji yang Benar.

belati.blogspot.co.id
cara memasang tabung gas elpiji yang benar
1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa tabung gas yang anda beli berlogokan SNI dan tidak bocor biasanya terdapat pada sambungan foot ring dan kepala tabung gas. Untuk mengujinya anda dapat melumurinya pada bagian leher tabung gas menggunakan air sabun. Jika terdapat gelembung-gelembung tabung maka gas tersebut mengalami kebocoran, tapi sebaliknya jika tidak terdapat gelembung berarti tabung tersebut tidak ada kebocoran dan aman digunakan.

2. Setelah itu, pastikan juga didalam kepala tabung gas ada karet (Rubber Seal) yang kondisinya masih lentur, halus, tidak mudah sobek dan sesuai dengan lingkar diameter lubang tabung gas.

3. Kemudian, pastikan tidak ada sumber api ketika proses pemasangan regulator ke tabung gas

4. Setelah itu, psangkan regulator ke posisi tegak lurus ke leher tabung kemudian putar pengunci yang ada pada bagian samping regulator searah dengan jarum jam atau 180 derajat.

5. Apabila pada saat melakukan pemasangan regulator anda mendengar bunyi "cess" atau mendesis, segera buka regulator dan tukar karet gas dengan karet gas yang baru atau karet pada tabung yang sebelumnya.

6. Jika pada saat pemasangan tidak terdapat suara mendesis anda dapat menyalakan kompor gas dengan memutar knopnya pada posisi ON.

7. Jika setelah dihidupkan kompor gas tidak mengeluarkan api, maka amati putaran jarum pada regulator . Apabila jarum penunjuk pada regulator tidak kearah kanan, maka kemungkinan regulator kompor anda rusak sehingga kompor tidak dapat menyala.

8. Namun jika jarum regulator kearah kanan dan kompor belum bisa menyala, maka anda matikan dulu kompor gasnya (putar knop pada posisi OFF) kemudian anda tepuk-tepuk pelan pada regulator kompor dan dan goyangkan selangnya. dan kemudian coba hidupkan lagi kompor gasnya.

9. Bila kompor gas tetap tidak bisa hidup , coba anda tukarkan tabung gas tersebut dengan tabung gas yang baru, kemungkinan bagian penekan regulator anda panjanganya tidak sesuai panjang leher tabung gas.

Setelah anda memahami tentang Cara Memasang Tabung Gas Elpiji yang Benar. Anda juga harus paham cara mengetahui Tabung Gas Elpiji yang Bocor dan Langkah yang Harus Dilakukan.
Demikian sedikit tentang cara memasang tabung gas elpiji yang benar semoga dapat membantu dan bermanfaat buat temen-temen. Jadi tetaplah hati-hati dan teliti pada saat memasang tabung gas elpiji agar tidak terjadi kesalahan yang fatal dan juga ledakan. 

Cara Memasang Tabung Gas Elpiji yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: anandha putri

0 comments:

Post a Comment