Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Tuesday, November 3, 2015

Aksi Demo Para Warga Gara-Gara Reog Dibakar

belati.blogspot.co.id
sumber: buyung agung pambudi (3/11)
Komunitas Reog Ponorogo (KRP) berencana menggelar demontrasi ke Kantor Kementerian Luar Negeri Jalan Pejambon Jakarta Pusat, Senin (2/11/2015) pukul 09:30WIB.

"Kedatangan utama kami ke Kemenlu adalah untuk mengklarifikasi tentang kejadian pembakaran properti Reog Ponorogo di KJRI Davao Philipina Selatan" Kata wakil ketua KRP se-Jabodetabek, Minggu (1//11/2015)

Alasan pembakaran Reog, dadak merak dan gayor berukir ular naga, untuk mengusir setan dan ukiran naga karena berhala. Namun berita yang beredar di media online telah diklarifikasi dan di benarkan pada Sabtu (30/10/2015) oleh KJRI Davao.

"Pemusnahan dengan cara dibakar tersebut terpaksa dilakukan karena reog Ponorogo sudah dalam kondisi rusak dan dimakan rayap" tulis KJRI Davao mengingat usia reog sudah ada sejak tahun 1988.

Namun terlepas dari itu, semua KRP tetap akan mengklarifikasi sejauh mana kebenarannya dan kronologi yang sebenarnya dari peristiwa itu. "Kami ingin segera menuntaskan masalah ini dan jangan sampai masalahnya berlarut-larut. Apalagi reog Ponorogo telah menjadi bagian dari kesenian di Indonesia yang telah mendunia" Ujar Nojeng.

Menurut Nojeng, masalah ini juga sempat meresahkan teman-teman di Komunitas Reog Ponorogo, bahkan Komunitas Kesenian Reog di Ponorogo, Jatim sendiri serta di Luar Jakarta dan Ponorogo, banyak yang mempertanyakan tentang peristiwa pembakaran itu.

Menurut pria kelahiran Tambakbayan, kota Ponorogo ini mengatakan ada beberapa hal yang akan dilakukan di Kemenlu nanti diantaranya:
  •  Meminta informasi dan klarifikasi serta kronologi yang sebenar-benarnya
  • Melakukan pemasangan spanduk di area Kemenlu
  • Memasang properti Reog Ponorogo yang terdiri dari dadak merak, barongan dan gayor
  • Melakukan testimoni seniman Reog Ponorogo yang pernah tampil di Davao pada tahun 2007
  • Keterangan Pers

Aksi Demo Para Warga Gara-Gara Reog Dibakar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: anandha putri

0 comments:

Post a Comment