Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Saturday, August 16, 2014

Langkah Cara Berbelanja Online Dengan Aman Dan Nyaman

Cara berbelanja online dengan aman harus anda pelajari dan harus menjadi patokan ketika anda melakukan belanja online di Pusat Belanja online dengan aman adalah harga mati khususnya ketika anda melakukan transaksi. Transaksi melalui media online khususnya di Indonesia terjadi peningkatan yang signifikan ketika menjelang hari lebaran, menjelang hari libur dan hari hari besar keagamaan yang lainnya. Tapi saat ini proses transaksi melalui media internet hampir konsisten karena transaksi yang dilakukan bukan hanya pembelanjaan barang saja tapi juga pembelanjaan jasa ataupun benda digital lainnya. Namun sebagian besar transaksi yang dilakukan khususnya di Indonesia adalah pembelian barang berupa fashion dan gadget. Ketika transaksi online mengalami peningkatan, bagi mereka yang memiliki niat jahat pun akan melakukan cara bagaimana meraup untung tapi dengan cara yang tidak bersih. Hal ini tentunya akan merugikan salah satu pihak khusunya konsumen yang akan rugi akibat membeli barang yang tidak sesuai atau mungkin membeli barang yang sebenernya hoax.

Cara Berbelanja Online Dengan Aman

Untuk menghindari hal tersebut anda cermati cara berbelanja online dengan aman agar anda benar benar memahami apa yang harus anda lakukan, apa yang harus anda hindari dan apa yang harus anda perhatikan :

•    Sebelum Melakukan Transaksi
Sebelum anda melakukan transaksi, pastikan situs yang akan anda beli barangnya merupakan situs terpercaya dan merupakan situs yang memiliki kredibilitas yang tinggi. Lihat review pada mesin pencarian tentang website tersebut. Jangan tergiur dengan harga murah apalagi harga diskon  yang sangat tinggi untuk barang barang branded. Lihat juga status bar pada browser yang memunculkan tanda gembok untuk memastikan keamanan dari website tersebut. Atau ada perubahan alamat situs yang tadinya http menjadi https sebagai tanda kalau situs tersebut aman dan terenkripsi.

•    Ketika Melakukan Transaksi
Ketika anda melakukan transaksi, anda pastikan semuanya aman dan penjual atau situs web tidak meminta anda untuk memasukan tanda pengenal yang diluar dari biasanya. Misalnya meminta password, pin dan rahasia pribadi anda. Pastikan kalau pada point ketentuan transaksi tidak terdapat aturan yang membolehkan pihak pemilik situs atau toko online mengirimkan ke pihak ketiga.

•    Setelah Melakukan Transaksi
Setelah anda melakukan transaksi, log out semua data pribadi anda dari mulai emil, jejaring sosial, internet banking dan lain sebagainya. Kemudian anda lakukan pembersihan komputer khususnya browser dengan cara clear history, kemudian bersihkan dengan software pembersih dan matikan komputer anda.

Semoga sekelumit langkah langkah dan cara berbelanja online dengan aman di atas dapat membantu anda untuk kenyamanan berbelanja online. Jika memungkinkan, sebaiknya anda melakukan transaksi langsung saja secara cash atau dikenal dengan COD. Cara ini adalah cara yang fer sehingga anda dapat melihat barang langsung dan anda pun tidak akan tertipu karena transaksi dilakukan face to face yang tentunya dapat lebih leluasa tawar menawar untuk barang dan harga yang sesungguhnya.

Langkah Cara Berbelanja Online Dengan Aman Dan Nyaman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ervan Imam Widianto

0 comments:

Post a Comment