Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Thursday, October 16, 2014

Cara Mengobati Batuk


Batuk sejatinya bukanlah penyakit tersendiri, batuk merupakan reaksi refleks yang diberikan oleh tubuh sebagai akibat dari adanya iritasi atau benda yang mengganggu tenggorokan, bisa berupa debu, makanan tertentu ataupun asap.
Dari segi periodenya batuk sebenarnya dibagi menjadi dua bagian, ada batuk kronis dan batuk yang sifatnya akut. Batuk akut adalah batuk yang menimpa seseorang dalam rentan waktu 14 hari keatas dalam satu episode (putaran), jika rentan waktu berjangkitnya batuk telah melampaui angka 14 hari atau kurang dari 14 hari namun dalam beberapa episode dalam satu bulan maka dinamakan batu kronis, tentu batuk kronis ini adalah batuk yang merupakan kategori batuk yang harus segera diperiksakan kepada dokter karena membutuhkan penanganan yang lebih intensif.
Pada awal gejala batuk ini muncul, para ahli kesehatan merekomendasikan agar si penderita tidak langsung meminum obat batuk, mereka merekomendasikan agar terlebih dahulu memakai obat-obat ringan alami tradsional, bahkan dalam website resmi NHS (National Health Service) dikatakan bahwa pembuktian efektifnya obat batus sebagai pembasmi batuk belum dilakukan atau menunjukkan hasil yang minim, hal yang paling urgen sebenarnya adalah peningkatan imunitas tubuh si penderita, karena sebenarnya imunitas tubuh inilah yang sebenarnya memiliki kemampuan alami mengusir batuk.
Obatbatuk alami untuk mengobati batuk dengan gejala ringan adalah dengan mengkonsumis madu disertai lemon, dua bahan ini sebenarnya cukup manjur untuk mengusir batuk di awal-awal menjangkitnya.
Namun jika batuk telah berlangsung lama sebagaimana dipaparkan di atas, si penderita dianjurkan untuk segera ke dokter, karena terkadang batuk yang diderita merupakan gejala awal mewabahnya penyakit lain yang lebih berat.
Batuk yang Merupakan Gejala Penyakit Lain
Berikut adalah beberapa di antara gejala-gejala yang bisa menandakan bahwa batuk yang diderita adalah gejala awal penyakit berat yang lain:
  • Batuk yang kadar dahak berlebih, hidung menjadi sengau dan tenggorokan yang kering
Batuk yang disertai dengan keadaan-keadaan seperti ini kemungkinan besar adalah gejala infeksi pada sinus atau merupakan gejala alergi, periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat, jika dokter menyebutkan bahwa batuk yang diderita adalah gejala infeksi sinus maka biasanya akan diberikan obat antibiotik.
  • Batuk Saat Tengah Malam Dibarengi Dengan Lendir
Besar kemungkinan batuk semacam ini adalah gejala awal penyakit asma, segera periksakan ke dokter untuk penanganan awal, biasanya dokter akan memberikan bronkodilator sebagai obat pengendali asma.
  • Batuk Kering Dengan Sesak Nafas
Gejala batuk seperti ini biasanay terjadi pada mereka yang mempunyai kebiasaan merokok, kemungkinan besar jika batuk disertai dengan sesak nafas merupakan gejala penyakit yang menyerang paru-paru yang diistilahkan dengan obstruktif kronis, segera periksakan diri ke dokter, biasanya jika gejala seperti ini muncul dokter akan melakukan pemeriksaan paru-paru menggunakan x-ray untuk mengetahui keadaan paru-paru sebenarnya, sayangnya penyakit paru seperti ini belum ada obatnya, namun gejalanya bisa hentikan.

Cara Mengobati Batuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 comments:

Post a Comment