Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Monday, November 10, 2014

Cara Membuat Email Di Gmail Dan Yahoo

Cara buat email dan manfaat email. Sebenarnya cara membuat email baik di Google maupun di Yahoo lumayan mudah dan simple, kali ini belati akan membahasnya secara detail dan jelas, dewasa ini email merupakan kebutuhan mendesak yang harus dipunya oleh setiap orang, bukan hanya bagi anda yang aktif melakukan segala hal yang berbau online termasuk berbisnis di dunia maya, tapi email juga dibutuhkan oleh mereka yang hany sekedar sesekali melakukan aktifitas online.
Email sebenarnya adalah semacam alamat unik yang menjadi identitas pengguna di dunia maya, alamat unik inilah yang akan menjadi alamat tujuan pengiriman sesuatu yang dikirim oleh pihak ketiga menuju ke pemilik email, untuk lebih jelasnya tentang definisi dan pengertian email anda bisa melihatnya di Wikipedia dengan meng-klik url ini : http://id.wikipedia.org/wiki/Email
     Layanan email yang biasa digunakan saat ini adalah layanan Gmail dari Google dan juga layanan dari situs sejenis yaitu Yahoo, dua layanan pembuatan email ini adalah free alias gratis bin cuma-cuma, anda bisa membuat email sebanyak yang anda mau asalkan anda kuat untuk melakukan dan memenuhi proses yang diminta oleh pihak Google maupun Yahoo.
Manfaat Email
    Sebelum belati menjelaskan lebih jauh tentang tutorial pembuatan email di Gmail maupun Yahoo, kami akan memaparkan dulu manfaat-manfaat positif yang bisa diperoleh jika anda telah mempunyai email:

  • Email bisa sangat berperan dalam mempermudah koneksi dan komunikasi anda dengan kolega, teman dan semua kenalan anda di seluruh dunia, sebagai gambaran, ketika teman anda ingin mengirim data seperti surat, teks, photo dan lainnya, dengan begitu mudah bisa dikirim melalui email.

  • Email sebenarnya sangat mirip dengan layanan pos, namun di antara keistimewaan email, selain gratis juga pengiriman yang hanya memakan waktu beberapa detik karena memakai layanan internet.

  • Email bisa anda pakai untuk melakukan langganan data dari pihak ketiga secara berkala, sebagai gambaran, beberapa situs-situs bermanfaat biasanya melayani pengiriman update artikel terbarunya melalui email dengan memanfaatkan layanan gratis dari feed burner, jadi anda tidak perlu mengunjungi situs bersangkutan untuk membaca setiap artikel terbarunya, cukup anda mendaftarkan email anda di situs tersebut, maka update terbarunya akan terkirim langsung ke email anda.

Untuk membuat email baru di Gmail atau Google berikut adalah tutorial mudah dan lengkapnya:

  • Anda bisa langsung ke TKP yaitu http://gmail.com, lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:



          klik di tulisan Create An Account.

  • Setelah itu anda akan disajikan dan dibawa ke halaman pengisian data pribadi anda,berikut adalah data-data yang harus anda sediakan dan isi di kolom-kolom yang disediakan:

  1. Nama pribadi anda, anda bisa mengisikan dengan nama apa terserah anda (boleh fiktif), namun untuk email yang sifatnya resmi lebih baik menggunakan nama asli.
  2. Isikan username (nama pengguna), inilah yang akan menjadi alamat email anda nanti, isikan dengan nama yang unik yang mudah anda ingat dan tidak gampang anda lupa, misalnya:mangga53@gmail.com atau paduan antara nama anda dengan beberapa angka unik.
  3. Isikan password (kata sandi rahasia), usahakan password yang anda isikan adalah kalimat unik yang susah anda lupa dan selalu anda ingat, bisa berupa paduan kata dan angka, ingat: password anda harus unik dan sulit ditebak orang lain, karena akhir-akhir ini marak pembajakan dan peretasan akun pribadi.
  4. Setelah itu anda akan diminta untuk mengkonfirmasi kata sandi anda, segera masukkan password yang anda tulsikan sebelumnya.
  5. Isikan tanggal, bulan dan tahun lahir anda
  6. Jenis Kelamin (gender).
  7. Isikan nomor ponsel yang masih aktif
  8. Kolom alamat email anda saat ini bisa anda tinggalkan kosong dulu.
  9. Isikan kalimat verifikasi yang diberikan
  10. Isikan lokasi negara domisili anda.
  11. Centang dua persyaratan yang diminta pihak Google (lihat gambar dibawah ini)
  12. Klik Langkah Berikutnya (lihat gambar di bawah ini)


  • Pihak Google akan meminta anda untuk melakukan verifikasi akun anda melalui nomor hp yang anda isikan, penulis mengira hal ini ditempuh Google karena banyaknya akun-akun spam yang dibuat pengguna sehingga Google meminimalisirnya dengan verifikasi akun melalui sms atau telepon suara, karena dahulu verifikasi semacam ini tidak ada, lihat gambar di bawah ini:


  • Setelah anda mengisikan no HP anda, anda akan segera diberikan kode verifikasi untuk mengaktifkan akun anda, lihat gambar di bawah ini:


  • Setelah itu anda akan diminta mengisi menu profil berupa foto untuk tampilan akun anda (langkah ini bisa ditunda), setelah itu klik Langkah Berikutnya, lihat gambar di bawah ini:


  • Setelah itu aka nada kata sambutan selamat datang dari Google, klik saja Lanjutkan ke Gmail, lihat gambar di bawah ini:

  • Setelah itu anda akan langsung menuju halaman email baru anda, biasanya ada 4 pesan otomatis yang akan dikirimkan Google, lihat gambar di bawah ini:
  • Gmail dari Google telah siap untuk anda gunakan.
Cara Membuat Email Di Yahoo
  • Untuk membuat email baru di Yahoo, terlebih dahulu anda harus menuju ke TKP dengan menggklik yahoo.co.id, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:


          Klik daftar.
  • Setelah itu anda akan dibawa ke halaman baru dengan tampilan di bawah ini:


  • Isikan semua data yang diminta seperti: nama depan, nama belakang, no ponsel dan seterusnya, untuk yang ditandai dengan tanda panah pada gambar di atas, isikan dengan alamat email sesuai selera anda, anda bisa memilih model akhiran kalimat pada email anda, bisa @ymail.com, @yahoo.co.id atau @rocketmail.com dengan menekan menu di samping kiri, lihat gambar di atas pada tanda panah warna hitam.
  • Setelah mengisikan semua data yang diperlukan klik Buat Account.
  • Setelah itu anda akan dibawa ke halaman pengiasian pertanyaan rahasia disertai jawabannya, hal ini bertujuan jika suatu saat akun hilang atau anda lupa password maka pertanyaan dan jawaban rahasia ini yang akan menjadi bahan verifikasi validitas akun anda:


  •  Setelah anda membuat pertanyaan dan jawaban, klik selesai.
  • Setelah itu anda akan dibawa ke menu berikutnya, klik Persiapan Awal
    

  • Sampai di sini email Yahoo anda sudah jadi dan siap digunakan.
Demikianlah artikel tentang cara buat email di Gmail maupun Yahoo semoga bermanfaat dan menjawab kebutuhan anda. Untuk diperhatikan bahwa terkadang tampilan pada Gmail dan Yahoo berubah-ubah tidak mesti dengan tampilan yang kami sajikan di atas.

Cara Membuat Email Di Gmail Dan Yahoo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 comments:

Post a Comment