Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Friday, January 30, 2015

Cara Mengetahui Tabung Elpiji Bocor

Cara mengetahui tabung elpiji bocor. Dewasa ini pemakaian elpiji untuk memenuhi kebutuhan memasak khususnya bagi ibu rumah tangga sudah menjadi hal yang lumrah, bahkan banyak masyarakat yang telah bermigrasi, yang dahulunya menggunakan minyak tanah, sekarang beralih ke penggunaan elpiji. Di samping karena harga minyak tanah yang terus melambung naik, pemakaian elpiji yang praktis dan tidak ribet ikut memicu masyarakat berbondong-bondong menggunakan elpiji ini.
Cara mengetahui elpiji bocor

Sebenarnya banyak keuntungan menggunakan alat masak yang satu ini, namun tidak ada gading yang tak retak, pemakaian elpiji junga memiliki resiko yang cukup tinggi jika tidak diimbangi dengan kehati-hatian dan kewaspadaan dalam menggunakannya, di media massa banyak diberitakan bagaimana seorang ibu rumah tangga harus kehilangan nyawa akibat pemakaian gas elpiji yang ceroboh atau semberono.
Elpiji merupakan gas bakar yang memiliki daya bakar tinggi, jangankan letupan api didekatkan kepadanya, api yang berada dalam radius yang cukup jauh terkadang bisa terpercik dan menyebabkan daya bakar yang tinggi pada gas elpiji ini, kali ini blog belati akan mengetengahkan kepada pembaca sekalian tentang bagaimana mengetahui bahwa elpiji yang kita pakai sedang mengalami kebocoran.

Penyebab Kebocoran
Umumnya kebocoran pada gas elpiji biasa ditemui pada bagian regulatornya, sangat sedikit terjadi kebocoran pada tabung atau kompor gas yang biasa dipakai, hal ini disebabkan-kadang-kadang-karena regulator yang dipakai abal-abal alias tidak lolos SNI, kami sarankan anda pengguna gas elpiji untuk berhati-hati memilih regulator kompor gas anda, menurut kami tidak mengapa anda mengeluarkan biaya yang agak mahal untuk membeli regulator yang cukup berkualitas namun keselamatan keluarga terjaga dan terjamin.
Adapun tabung dan kompor gas, maka pemerintah dewasa ini telah menerapkan aturan yang ketat untuk keselamatan masyarakat khususnya pengguna elpiji, standar SNI yang ketat telah diterapkan kepada pabrik-pabrik produsen kompor gas elpiji, begitu pula tabung elpiji yang sekarang ini diawasi langsung oleh pemerintah.

Ciri-Ciri Elpiji Anda Bocor
Ciri-ciri paling mudah untuk mendeteksi kebocoran pada elpiji adalah terciumnya bau khas yang sangat menyengat dari arah elpiji, jika anda mencium bau khas elpiji seperti ini, segeralah anda buka ventilasi rumah anda baik berupa jendela maupun pintu agar elpiji yang bocor ke udara tadi keluar dan tidak mengendap di dalam rumah, jika anda membiarkannya mengendap di dalam rumah atau dapur maka kemungkinan besar akan terjadi kebakaran karena sifat terbakar yang maha dahsyat yang dikandung oleh elpiji ini. Yang menjadi masalah adalah ketika anda sedang ditimpa penyakit flu, terkadang hidung tersumbat yang menyebabkan anda agak kesulitan untuk mencium bau, solusinya adalah dengan mengajak keluarga lain untuk mendeteksi bau elpiji ini.

Cara Mendeteksi Tabung Gas Elpiji Bocor
Salah satu cara untuk mendeteksi dini tabung elpiji yang bocor adalah dengan menadopsi metode dan cara yang dipakai oleh tukang tambal ban, yaitu dengan menuangkan seember air di sebuah wadah lalu menaruh alat masak khususnya regulator elpiji tadi ke dalam air di bak tersebut, jika memunculkan gelembung pada air tadi maka regulator anda mengalami kebocoran.

Cara Mengetahui Tabung Elpiji Bocor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment