Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Tuesday, April 14, 2015

8 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak dan Membahayakan Ginjal

Ginjal pada manusia merupakan anggota tubuh yang memiliki peranan sangat vital dalam menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh, fungsi ginjal yang paling urgen adalah sebagai tempat penyaringan racun yang masuk ke dalam tubuh, sebagaimana ginjal juga menghasilkan hormon tertentu bagi tubuh yang membantu proses penyerapan nutrisi maupun mineral penting, sehingga jika hormon ini tidak ada akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh manusia.

Banyak orang yang meninginkan kesehatan trutama pada ginjal, namun justru kebiasaannya sehari-hari justru mengakibatkan bahaya bagi ginjalnya, bisa disebabkan karena faktor tidak tahu atau hal-hal lainnya, berikut ini belati.blogspot.com akan mengulas tentang 8 kebiasaan yang berbahaya bagi ginjal manusia, selamat menyimak!
8 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak dan Membahayakan Ginjal

Kebiasaan Menahan Keinginan Buang Air Kecil

Keinginan buang air kecil yang ditahan dapat berakibat pada terjadinya stress pada kandung kemih, kandung kemih yang mengalami stress akan sedikit demi sedikit mengganggu kinerja ginjal, karena pada hakekatnya air seni adalah sisa proses pencernaan pada manusia yang mengandung berbagai zat sampah bahkan racun yang seharusnya cepat dibuang dari dalam tubuh, sehingga air kencing yang ditahan dapat berakibat jelek bagi kesehatan ginjal.

Kurang Minum Air Putih

Air putih memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu ginjal melarutkan zat racun maupun sampah-sampah sisa pencernaan dalam ginjal, seorang yang jarang minum dalam kesehariannya dapat berakibat fatal bagi kinerja ginjalnya, para dokter menganjurkan minum 8 gelas air putih dalam sehari untuk kesehatan termasuk kesehatan ginjal.

Malas Berolahraga

Olahraga yang kurang erat kaitannya dengan kesehatan tubuh secara umum dan ginjal secara khusus, saat olahraga anda kurang berarti saat itu pula regenerasi dalam tubuh menjadi sangat minim, berat badan andapun akan melonjak, gerakan-gerakan anggota tubuh sangat penting untuk regenari sel-sel penting dalam tubuh.

Kurang Istirahat

Semua anggota tubuh membutuhkan masa rehat yang cukup, sehingga tubuh yang selalu diporsir dan dipaksa bekerja terus tanpa diimbangi dengan istirahat akan gampang rusak, termasuk ginjal, layaknya sebuah mesin yang dipaksa bekerja 24 jam non stop tentu umurnya akan lebih pendek dari pada yang dipekerjakan selayaknya setiap hari, begitu pula dengan anggota tubuh anda termasuk ginjal, jadi bagilah waktu anda untuk bekerja dan beraktifitas dan jangan lupa sediakan waktu yang cukup untuk beristirahat yang cukup.

Banyak Mengkonsumsi Garam

Garam mempunyai kandungan natrium dalam jumlah yang banyak, kandungan natrium yang berlebih dalam tubuh sangat berbahay bagi ginjal anda, oleh karena itu kurangi makanan yang mengandung banyak garam dengan menyantap makanan sehat setiap hari.

Mengkonsumis Makanan Berprotein Tinggi Tiap Hari

Memang mengkonsumsi makanan yang berprotein sangat penting untuk tubuh terutama dalam masa pertumbuhan, namun protein yang terlalu banyak akan merepotkan ginjal dalam bekerja, sehingga terkadang saking banyaknya protein dalam tubuh terkadang ginjal kurang bisa menyaringnya secara sempurna yang mengakibatkan gangguan pada ginjal terutama timbulnya batu ginjal.

Terlalu Banyak Minum Minuman Bersoda

Sebuah riset terkini yang dirilis oleh berbagai lembaga kesehatan menunjukkan bahwa soda yang dikonsumsi akan menyebabkan munculnya zat tertentu dalam tubuh yang membuat kinerja ginjal dalam menyaring zat-zat beracun yang berhasil masuk kedalam tubuh menjadi terganggu, dari itu kurangilah minum minuman bersoda agar ginjal anda tetap sehat.

Minuman Beralkoho dan Merokok

Dua kebiasaan berbahaya yang banyak diketahui orang namun sedikit yang memperhatikan lalu meninggalkan kebiasaan ini, kebiasaan meminum minuman beralkohol bisa membuat ginjal anda rusak, pasalnya ginjal dipaksa enyaring demikian banyak zat beracun yang terdapat pada minuman beralkohol tadi, sehingga kebiasaan minum minuman beralkohol secara terus menerus sangat berkemungkinan besar merusak kinerja ginjal lebih cepat. Begitu pula merokok, sirkulasi darah dalam tubuh sangat terganggu dengan kebiasaan ini, sehingga sangat berpengaruh bagi kesehatan ginjal anda, tinggalkan dua kebiasaan ini untuk tubuh dan ginjal yang sehata.

Demikianlah artikel tentang 8 kebiasaan sehari-hari yang bisa membayakan dan merusak ginjal, semoga bermanfaat bagi anda pembaca belati.blogspot.com.

8 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak dan Membahayakan Ginjal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

2 comments:

  1. baru tau kalau ternyata komsumsi banyak garam dan minuman bersoda berpengaruh terhadap batu ginjal. Nice info. Salam Kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lam kenal juga, makasih atas kunjungannya,,,

      Delete