Belati Blog.com

Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, dan Info Terkini

Saturday, April 18, 2015

6 Makanan dan Buah-buahan yang Bagus Untuk Kesehatan Ginjal

Makanan dan Buah-buahan yang Bagus Untuk Kesehatan Ginjal. Ginjal merupakan anggota tubuh yang berfungsi sebagai organ ekskresi, membuang berbagai kotoran sisa terutama zat yang dinamakan dengan urea yang dibuang melalui urin, kemudian ada zat sodium, ammonia, oxalate dan asam urat, walaupun komposisi yang mendominasi urine adalah zat urea tadi, namun semua zat-zat ini jika tidak disaring lalu dibuang melalui ginjal, maka akan mengakibatkan bercampurnya darah dengan zat-zat sisa yang berbahaya ini sehingga mengakibatkan darah menjadi kotor dan pada gilirannya menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.
Makanan dan Buah-buahan yang Bagus Untuk Kesehatan Ginjal

Penyakit ginjal sering muncul bersamaan dengan beberapa penyakit lain, seseorang dengan tekanan darah tinggi, diabetes, infeksi saluran kemih atau obesitas punya resiko sangat tinggi mengidap penyakit atau gangguan pada ginjal, apalagi jika ditambah dengan pengaruh usia yang sudah melebihi 50 tahun atau ada riwayat keluarga dengan gangguan ginjal.


Fungsi ginjal yang sangat vital ini mengharuskan kita untuk menjaganya dengan baik, ada beberapa buah alami yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan untuk terus menjaga kesehatan ginjal, berikut belati.blogspot.com kutip untuk pembaca sekalian.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu sehari-hari yang dipakai untuk memasak, sangat akrab dengan ibu-ibu rumah tangga, namun jangan anda bahan rempah satu ini, dalam sebutir bawang putih terkandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama ginjal, bawang putih mengandung banyak antioksidan, memiliki sifat anti pembekuan, memulihkan peradangan serta mengandung zat yang bisa mengurangi kolesterol jahat dalam darah yang bisa mengganggu kinerja dan kesehatan ginjal.

Kembang Kol

Kembang kol termasuk sayuran yang bagus untuk menjaga kesehatan ginjal, sayuran super ini mengandung banyak zat dan nutrisi bermanfaat seperti kandungan vitamin C, serat dan juga folat, di samping itu kembang kol juga bersisi sejenis senyawa langka yang sangat membantu ginjal untuk menetralkan zat beracun yang berhasil masuk ke dalam tubuh. Kembang kol kadang dijadikan lalapan mentah, namun sebenarnya bisa juga disayur atau juga ditumis.

Buah Apel

Buah apel merupakan buah dengan kandungan serat yang banyak sehingga buah ini tergolong ramah untuk ginjal, selain itu buah yang satu ini memiliki sifat anti inflamsi, dalam sebutir buah apel terdapat nutrisi dan zat yang mampu membasmi kolesterol jahat dalam darah, mencegah resiko penyakit jantung, sembelit serta menghindarkan dari resiko terkena penyakit kanker.

Bawang Merah

Saudara kandung bawah putih ini mesti selalu seia sekata, jika bawang putih hadir sebagai bumbu suatu masakan maka tidak akan ada sesuatu yang kurang jika bawang merah tidak disertakan begitu pula sebaliknya. Kandungan zat Flavonoid pada bawang putih tergolong ramah bahkan bagus untuk kesehatan ginjal, zat alami bermanfaat ini sangat bagus untuk menghindari menumpukan lemak di pembuluh darah, begitu juga zat Quercetin pada bawang merah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta menjauhkan dari kanker.

Kubis

Banyak kandungan nutrisi bermanfaat yang terdapat pada sayuran kubis ini sehingga sangat bagus untuk menjaga kinerja ginjal agar tetap sehat dan bagus, zat Fitokimia, vitamin C, vitamin K, vitamin B6 serta asam folat merupakan nutrisi bermanfaat untuk kesehatan berbagai organ tubuh manusia termasuk ginjal.

Paprika Merah

Paprika merah bisa anda panggang atau bisa juga jadi bahan campurun menu omelet anda, mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin C, asam folat dan juga vitamin B6, selain itu Paprika merah juga kaya akan antioksidann likopen sebagaimana disebutkan oleh para ahli kesehatan efektif mencegah berbagai macam kanker.

Demikianlah pembahasan tentang 6 makanan dan buah-buahan yang bagus untuk kesehatan ginjal, semoga bermanfaat bagi anda semua.

6 Makanan dan Buah-buahan yang Bagus Untuk Kesehatan Ginjal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ehwah

0 comments:

Post a Comment