Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Monday, May 4, 2015

Berbahaya! Jangan Panaskan Ulang 5 Makanan Ini

Bagi para ibu rumah tangga memasak merupakan aktifitas yang tidak dapat dipisahkan, karna kegiatan ini rutin dikerjakan tiap hari, bila masakan tersisa biasanya para ibu menghangatkannya kembali ketika waktu makan berikutnya, dan hal ini dianggap lumrah, namun tanpa disadari ternyata mengonsumsi makanan yang sudah lama disimpan dengan menghangatkannnya kembali sangat tidak dianjurkan untuk beberapa makanan, karena dengan demikian dapat merubah komposisinya sehingga kandungan gizinya akan hilang dah bahkan bisa menjadi racun. Berikut ini beberapa makanan yang tidak disarankan untuk dihangatkan kembali:
Berbahaya! Jangan Panaskan Ulang 5 Makanan Ini

Bayam

Bayam adalah jenis sayuran hijau yang baik untuk tubuh, sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu menyusui. Dianjurkan untuk memakan masakan bayam dalam kondisi segar, jadi segera dimakan setelah masakan bayam matang, janganlah sekali-kali menghangatkan masakan bayam yang sudah tersimpan lama untuk dimakan ulang, karena bayam mengandung banyak nitrat yang mana jika berulang kali dipanaskan maka kandungan nitrat akan berubah menjadi nitrit. Dan nitrit berpotensi memicu kanker dalam tubuh. Jadi makanlah masakan bayam segera setelah masakan matang, maksimal dikonsumsi 5 jam setelah dimasak

Jamur

Makanan apapun yang berisi campuran jamur maka akan terasa lezat, namun jika anda memasak masakan dengan bahan jamur sebaiknya segera anda makan ketika sudah selesai dimasak, jika terdapat sisa masakan jamur ini sebaiknya jangan anda panaskan lebih baik memakannya kembali dalam kondisi dingin, karena jika anda panaskan maka komposisi proteinnya akan berubah dan bahkan rasanya pun akan berubah yang mana bisa menyebabkan permasalahan pada pencernaan, serta kandungan gizi yang terdapat pada jamur akan hilang.

Daging Ayam

Sama halnya seperti masakan jamur, jika dipanaskan komposisi protein dalam daging ayam akan berubah, oleh karena itu sangat tidak dianjurkan memanaskan ulang daging ayam pada suhu tinggi, jika anda ingin menghangatkannya kembali cukup denga api kecil dan denga waktu singkat hingga masakan terasa hangat.

Telur 

Telur adalah makanan yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, namun masakan telur jika dipanaskan ulang maka akan beresiko, telur yang dimasak berulang dengan suhu tinggi menjadi beracun, terutama telur yang dimasak dengan cara direbus atau dimasak dalam kondisi bulat denga bagian kuning telur tetap berada di dalam.

Seledri

Daun seledri kerap dijadikan bahan tambahan dalam memasak sup, seperti halnya bayam seledri mengandung nitrat yang jika dipanaskan maka akan berubah menjadi nitrit yang sifatnya karsinogenik atau pemicu kanker. Oleh karena itu jika anda hendak menghangatkan ulang sup, sebaiknya terlebih dahulu anda buang potongan-potongan seledri yang terdapat di dalamnya.

Berbahaya! Jangan Panaskan Ulang 5 Makanan Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 comments:

Post a Comment