Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Tuesday, May 26, 2015

Ini Dia 6 Tips dan Cara Menghilangkan Rasa Kantuk di Jam Kerja

Rasa kantuk kadang datang tanpa mempedulikan waktu dan tempat, kapanpun dan dimana pun. Rasa kantuk dapat menyerang siapa saja, pelajar, guru atau pun pekerja pasti pernah merasakannya. jika rasa kantuk ini menyerang di saat-saat penting, sebagai contoh rasa kantuk yang menyerang para pekerja kantoran yang sedang mengadakan rapat penting, otomatis hal ini sangat mengganggu konsentrasi dan tentu akan mempengaruhi kinerja seseorang. selain itu tentunya hal ini sangat memalukan jika ketahuan, terlebih bagi yang memiliki propesi yang berkaitan dengan hal-hal yang mana kita dituntut untuk fokus, seperti sopir, pilot, dokter dan yang lainnya, karena jika tidak fokus ketika menjalankan tugas disebabkan karena rasa kantuk maka akan berakibat fatal bagi orang lain.
Tips dan Cara Menghilangkan Rasa Kantuk di Jam Kerja

Bagi anda yang sering diserang rasa kantuk tidak usah khawatir, karena berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda praktekan untuk mengusir rasa kantuk yang acap kali menyerang:

Konsumsi minuman yang mengandung kafein

Untuk menghilangkan rasa kantuk anda dapat meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh juga minuman energi lainnya yang dapat meningkatkan produksi adrenalin. kafein dipercaya dapat menghambat rasa kantuk, walau demikian anda harus memperhatikan takaran yang tepat untuk anda konsumsi, disarankan untuk tidak berlebihan dalam menkonsumsi kafein. menurut para ahli takaran yang tepat adalah 200mg perhari atau setara dengan tiga cangkir kopi, dan tidak disarankan menkonsumsi lebih dari itu.

Makan camilan

Makan camilan atau lebih populer dengankata ngemil bisa menjadi obat untuk mengusir kantuk, namun anda harus mencari camilan yang sehat dan rendah kalori. pilihlah camilan yang mengandung protein tinggi dan hindari camilan yang mengandung karbohidrat, camilan yang mengandung protein tinggi mampu merangsang sel orexin pada otak yang dapat mengirimkan implus listrik sehingga membuat seseorang tetep terjaga. Adapun camilan yang mengandung karbohidrat maka akan membuat mudah merasa ngantuk, karena camilan seperti ini dapat meningkatkan dan menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

Bergerak

Jika anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan anda untuk duduk lama hingga menyebabkan mudah ngantuk, sebaiknya sesekali anda melakukan sedikit peregangan atau berjalan sebentar untuk menghilangkan rasa kantuk juga agar aliran darah kembali lancar.

Sinar matahari yang cukup

Seseorang yang kurang mendapatkan paparan sinar matahari cenderung cepat merasa kantuk. usahakan agar ruangan tempat anda bekerja mendapat sinar matahari yang cukup agar terhindar dari rasa kantuk saat bekerja.

Berolahraga dan cukup tidur

Berolahraga sejenak di pagi hari sebelum bekerja diyakini dapat membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar, dengan demikian anda akan merasa lebih bersemangat saat beraktifitas. usahakan untuk mendapat tidur yang cukup dan hindari bergadang sehingga dapat meminimalkan rasa kantuk yang menyerang saat jam kerja.

Konsultasikan dengan dokter

Bila anda sudah melakukan berbagai cara untuk mengusir rasa kantuk, namun tetap saja rasa kantuk itu menyerang, bisa jadi itu merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan seperti anemia atau sleep apnea. oleh karena itu segera konsultasikan dengan dokter mengenai keluhan yang anda alami. 

Demikianlah artikel tentang tips menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja, semoga bermanfaat!

Ini Dia 6 Tips dan Cara Menghilangkan Rasa Kantuk di Jam Kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 comments:

Post a Comment