Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Monday, July 13, 2015

Tips Mudik Aman, Nyaman dan Lancar Terbaru (Disertai Peta Mudik)

Tips Mudik Aman, Lancar dan Nyaman. Tidak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan tahun ini akan berakhir, sebentar lagi kaum muslimin di seluruh penjuru dunia akan merayakan hari yang sangat dinanti yaitu hari raya idul fitri. Di antara kebiasaan masyarakat Indonesia menjelang hari raya idul fitri adalah melakukan pulang kampung alias mudik, kebiasaan mudik merupakan kebiasaan sejak lama yang menyita perhatian pemerintah dengan menyediakan berbagai hal agar prosesi mudik baik arus pergi maupun balik berjalan dengan lancar dan aman.

Kali ini blog kesayangan anda belati.blogspot.com akan menyajikan ulasan tentang tips mudik aman, nyaman dan lancar, kami juga akan menyertainya dengan peta mudik untuk memudahkan anda semua menempuh perjalanan dan rute yang benar saat melaju dengan kendaraan anda pada mudik kali ini selain itu peta mudik juga berguna saat anda dihadapkan dengan macet yang luar biasa, dengan peta mudik anda bisa mencari jalan alternatif yang sepi dari kemacetan.

Tips Mudik Aman dan Nyaman

Agar mudik anda aman, nyaman dan lancar berikut beberapa tips penting yang mungkin perlu anda perhatikan:
  • Terlebih dahulu perlu anda perhatikan kesiapan diri anda secara psikologis maupun fisik, usahakan jangan memulai perjalanan mudik langsung setelah pulang kerja, sebab selain fisik biasanya dalam keadaan lelah, juga kondisi psikis juga tidak prima.
  • Usahakan memeriksa keadaan kesehatan anda sebelum berangkat mudik, apalagi bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit tertentu yang dikhawatirkan kambuh diperjalanan, bawa obat-obatan yang mungkin anda butuhkan diperjalanan.
  • Untuk mengindari beli makanan yang dijual di pinggir-pinggir jalan, siapkan makanan dari rumah sebelum berangkat mudik, apalagi jika anak-anak ikutan mudik, camilan dan makanan-makanan ringan sebaiknya anda siapkan dari rumah.
  • Untuk menjaga segala kemungkinan tersesat di jalan, usahakan membawa peta rute mudik, gunakan alat bantu perjalanan seperti GPS atau kompas jika ada.
  • Siapkan alat komunikasi sebelum berangkat mudik, charger handphone, pulsa internet agar anda terus bisa online dan jangan lupa charger mobil agar batre handphone anda tidak kehabisan.
  • Biasanya pemerintah menyediakan posko-posko kesehatan di sepanjang jalur mudik yang biasa dilalui masyarakat, jika anda mengalami gangguan kesehatan, usahakan sejenak memeriksa kondisi dan keadaan di posko-posko kesehatan itu untuk menghindari kondisi kesehatan yang bisa jadi lebih parah.
  • Jangan sekali-kali anda memaksakan mengemudi dalam keadaan mengantuk atau sangat lelah, ajak keluarga anda istirahat secara berkala dari penatnya perjalanan, ingat alon-alon asal selamat, keluarga menunggu anda di kampung halaman.
  • Tindakan kurang bijak jika anda mengkonsumsi obat atau minuman yang meningkatkan tenaga namun sesaat saja, jika anda lelah, stamina turun dan capek istirahatkan diri anda jangan dipaksa, keselamatan keluarga adalah yang pertama dan utama.
  • Sebelum berangkat mudik, periksa terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan dipakai mudik, mulai dari keadaan mesin, kondisi kelistrikan, tekanan ban, aki, oli, saringan udara dan komponen-komponen lainnya, usahakan membawa ban serp (persediaan), sekring cadangan dan pompa ban jika ada.
  • Saat berangkat mudik jangan lupa baca do’a perjalanan dan keluar rumah, do’a keluar rumah yaitu membaca : “Bismillahi tawakkaltu alallah la haula wala quwwata illa billah.” Yang artinya : “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan upaya melaiankan dari Allah.
  • Setelah sampai di kampung halaman, usahakan untuk beristirahat dulu dari penatnya menempuh perjalanan mudik sebelum anda lebih lanjut untuk keliling dan silaturrahmi dengan seluruh keluarga.

Selaian berfungsi sebagai pedoman saat menempuh perjalanan mudik, peta mudik juga sangat berguna saat anda ingin mencari jalur alternatif ketika dihadapkan dengan macet yang parah, berikut ini adalah peta dan rute mudik yang bisa anda print/cetak atau bisa juga and abaca di gadget handphone anda di perjalanan:
Peta Mudik Jawa Tengah


Peta Jalur Mudik Jawa Timur


Peta Mudik DKI Jakarta dan sekitarnya


Lampung Jawa Bali

Tips Mudik Aman, Nyaman dan Lancar Terbaru (Disertai Peta Mudik) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

2 comments:

  1. Nice Info Cukup membantu untuk pemudik :) jangan lupa kunjungi www.masirwin.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya,,,

      Delete