Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Wednesday, August 5, 2015

Ini Sebabnya Menggunakan Botol Bekas Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

Ketika dalam perjalanan biasanya kita membeli air minum yang dikemas dalam botol plastik, dan kadang kita merasa sayang jika botol plastik ini langsung dibuang begitu saja, oleh karena itu tak jarang kita membawa botol plastik ini ke rumah untuk digunakan kembali. namun ternyata botol plastik bekas air mineral tidak baik bagi kesehatan tubuh jika digunakan berulang kali. mengapa demikian? karena pada umumnya botol air mineral terbuar dari bahan plastik, komponen plastik inilah kemudian dapat berpotensi mencemari makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya. pada dasarnya wadah yang terbuat dari bahan plastik boleh digunakan untuk wadah makanan dan minuman, akan tetapi ada beberapa faktor yang menyebabkan botol plastik bekas air mineral berpotensi mencemari air minum yang ada di dalamnya. Baca Juga : Barang-barang Ini Dianggap Remeh Di Indonesia Padahal Amat Mahal Di Luar Negeri

Cemaran yang berasal dari bahan plastik sangat berbahaya karena memiliki sifat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker pada manusia. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa botol bekas air mineral tidak baik digunakan berulang. Namun menurut Dr. Ir Sugiono, M.AppSc. dari Departemen Ilmu dan Teknologi pangan Institut pertanian Bogor, penggunaan botol plastik yang wajar masih dianggap aman.
Ini Sebabnya Menggunakan Botol Bekas Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

Masih menurut beliau, potensi pencemaran dari bahan plastik akan meningkat karena disebabkan beberapa faktor, diantaranya:
  • Makanan dan minuman yang dikemas dalam kondisi panas. Karena suhu panas bisa memicu terjadinya reaksi pada bahan plastik hingga akan berpotensi mencemari makanan dan minuman yang diwadahinya. 
  • Terkena sinar ultraviolet (UV) langsung. sebagaimana halnya suhn panas,paparan sinar ultraviolet yang terkena langsung pada bahan plastik dihawatirkan bisa menimbulkan reaksi. oleh karena itu hindari menyimpan botol air mineral di tempat yang terbuka atau terkena sinar matahari langsung. simpanlah botol air mineral di tempat yang aman dan terlindung.
  • Terdapat kerusakan fisik pada kemasan plastik seperti penyok, warna memudar dan lain-lain. kemasan plastik yang rusak berpotensi menyebabkan komponen plastik terurai sehingga masuk kedalam makanan atau minuman yang diwadahinya. sebagaimana yang kami sebutkan di awal bahwa komponen plastik tidak aman bagi kesehatan tubuh karena bersifat karsinogenik.
  • Pemakaian dan pencucian yang berulang. botol air mineral yang terbuat dari bahan plastik yang dipakai dan dicuci berulang kali berpotensi meningkatkan resiko pencemaran pada minuman yang diwadahinya. karena komponen plastik sangat lembut dan mudah sekali rusak, dan komponen plastik mungkin saja luntur seiring waktu selama pemakaian dan pencucian.
Demikianlah alasan mengapa botol bekas air mineral tidak baik digunakan berulang. jika terpaksa menggunakannya unyuk wadah air minim, sebaiknya dibatasi hanya beberapa kali saja, dua atau tiga kali pemakaian, setelah itu sebaiknya botol tidak digunaan lagi. Baca Juga : Ini Bapak Tiri Bocah 8 Tahun yang Dibunuh Ibu Tirinya Angeline

Ini Sebabnya Menggunakan Botol Bekas Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 comments:

Post a Comment