Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Saturday, December 26, 2015

TKI Asal Ponorogo Duduki Jumlah Terbanyak Kedua se-Jawa Timur

belati.blogspot.com

Sedikitnya 22 ribu warga Ponorogo, Jawa Timur menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diluar negeri. Bahkan 10 persen diantaranya merupakan TKI illegal. Sementara jumlah tersebut merupakan jumlah terbanyak kedua se-Jawa Timur setelah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sumani kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Kabupaten Ponorogo mengatakan, meski belum tentu menghasilkan pendapatan lebih, namun animo warga Ponorogo untuk menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) masih sangat tinggi. “Kalau sesuai data yang kami dapat bahwa Ponorogo peringkat dua se-jawa timur setelah kabupaten Malang.”ujarnya.

“Dari data di dinas, 2 ribu diantaranya merupakan TKI illegal alias berangkat tidak melalui lembaga penyaluran TKI yang jelas. Sementara itu, dari kesekian warga Ponorogo memilih mengadu nasib di Malasiya, Hongkong, Arab Saudi, Taiwan dan Korea.”jelasnya.

Kata Sumani, pihaknya tidak tahu apa yang menjadi pemicu semakin banyaknya warga Ponorogo yang menjadi TKI.”Menjadi TKI sepertinya sudah menjadi trend semenjak tahun 2006 hingga sekarang.

Dampak positif dari mereka yang mengadu nasib di negeri orang, perputaran perekonomian khususnya di Ponorogo semakin baik,”paparnya.

Sementara itu, di tahun 2014 tercatat ada 12 TKI yang meninggal di luar negeri, Sedangkan tahun 2013 ada 14 TKI. Kebanykan mereka meninggal dunia karena kecelakaan kerja. (Sumber : SKA/Net)


sumber © koranjurnal

TKI Asal Ponorogo Duduki Jumlah Terbanyak Kedua se-Jawa Timur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: anandha putri

0 comments:

Post a Comment