Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Thursday, August 14, 2014

Tips dan cara mengobati mata bintitan dengan cepat


Cara mengobati mata bintitan dengan cepat harus dilakukan dengan sangat baik karena bintitan merupakan masalah pada mata yang sulit sekali dihilangkannya bahkan ada orang yang membiarkan bintitan ini hilang sendiri tanpa harus mengobatinya yang tentu membutuhkan waktu lama. Bintitan menurut bahasa medisnya adalah hordeolum merupakan infeksi atau kondisi peradangan pada kelenjar yang berada di kelopak mata sehingga menimbulkan benjolan baik itu kelopak mata bagian atas ataupun kelopak mata bagian bawah. Bakteri yang menyebabkan terjadinya bintitan pada kelopak mata ini adalah stafilokokus.

Sebelum terjadi bintitan, kelopak mata ini mengalami gejala terlebih dahulu berupa benjolan kemudian berkembang menjadi kemerahan hingga akhirnya terjadi pembengkakan yang rasanya gatal sekali disertai dengan sakit. Tapi ada juga mitos yang beredar bahwa bintitan pada kelopak mata ini disebabkan karena efek dari mengintip. Tidak tahu awalnya mitos tersebut dari mana tapi yang pasti bintitan ini adalah kondisi kelopak mata yang membentuk benjolan kemerahan dengan disertai sakit dan gatal.

Macam dan Jenis Mata Bintitan 

Perihal jenis dan macam-macam penyakit mata bintitan ahali kesehatan biasa membaginya menjadi 2 bagian pokok, ada mata bintitan yang disebut dengan mata bintitan eksterna dan adalagi yang disebut dengan mata bintitan interna. 

  • Yang disebut dengan mata bintitan pertama yaitu eksterna adalah mata bintitan yang berlokasi pada bagian mata yang disebut dengan Zeis dan juga Moll, salah satu ciri yang biasa terlihat pada jenis mata bintitan ekseterna ini adalah benjolan yang mengarah keluar dari kelopak mata. 
  • Sedangkan yang disebut dengan mata bintitan kedua yaitu interna ialah bintitan yang biasanya menyerang bagian Meibom, dan arah benjolan bintitannya acap kali mengarah ke bagian dalam kelopak mata. 
Tindakan Pencegahan (Preventif) Untuk Menghindari Mata Bintitan 

Mata bintitan bintitan sebenarnya ialah penyakit umum yang biasa menjangkiti siapapun, penyakit ini tergolong penyakit ringan, namun lumayan mengganggu terutama bagi anda yang terbiasa perpenampilan necis, mata yang tertimpa bintitan akan terlihat mengganggu dan mengurangi daya tarik penampilan anda terutama bagi anda yang beraktifitas di luar rumah, berikut adalah cara-cara yang bisa anda lakukan agar terhindar dari penyakit bintitan pada mata anda: 
  • Hindari memakai produk-produk kecantikan (kosmetik) yang telah basi atau telah mencapai masa kadaluarsa, setlah memakai produk kosmetik usahakan untuk membersihkan wajah termasuk area mata sebersih-bersihnya agar sisa-sisa kosemetik tidak tertinggal yang pada gilirannya menjadi pemicu mata bintitan jika sisa kosmetik tadi berada pada mata anda. 
  • Periksa dengan seksama kebersihan tempat anda tidur terutama bantal, karena bantal merupakan sarana tidur yang menempel di wajah, bukan tidak mungkin bantal yang menempel di mata terinfeksi oleh bakteri dan kuman yang berada pada bantal yang kotor tadi. 
  • Hindari diri dari polusi serta daerah-daerah yang dipenuhi debu dan udara kotor. 
  • Lakukan istirahat yang cukup, mata yang terus dipakai tanpa diberikan porsi istirahat yang cukup sangat gampang tertimpa bintitan tadi. 
  • Jika mata anda terkena iritasi atau gangguan semacam gatal dan lainnya, usahakan jangan menggosoknya dengan tangan anda, gunakanlah tisu atau sapu tangan steril. 
  • Yang terpenting dari semua yang kami sebutkan tadi untuk menjaga kesehatan mata adalah menjalankan pola hidup sehat yang membuat imunitas tubuh dalam menangkal berbagai penyakit menjadi kuat. 
Itulah beberapa langkah efektif yang bisa dilakukan agar penyakit mata bintitan ini tidak muncul dan mengganggu penampilan anda, untuk memelihara kesehatan mata bisa juga anda baca uraiannya di wikipedia. Oke,lantas bagaimana cara jika kita sudah terlanjur tertimpa penyakit yang mengganggu mata ini? bagaimana cara mengatasi dan mengobatinya dengan cara yang aman dan alami? berikut kami ketengahkan cara alami dan cepat untuk mengobati mata bintitan. 

Cara Mengobati Mata Bintitan 

Sebagai tindakan kuratif (pengobatan) yang aman dan cepat, ada beberapa alternatif pengobatan yang bisa anda tempuh, berikut kami uraikan kepada anda: 

Manfaatkan Daun Sirih 

Khasiat daun sirih sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi berbagai penyakit yang menimpa mata sudah banyak diketahui oleh masyarakat terutam di para pencinta herbal, tidak terkecuali penyakit yang menjadi tema artikel kita kali ini yaitu penyakit mata bintitan. 

Cara penggunaan: 
  • Ambillah satu sampai tiga lembar daun sirih yang masih segar 
  • Rebuslah beberapa lembar daun sirih yang telah anda ambil tadi dengan 1 gelas air bersih sampai mendidih. 
  • Saringlah campuran air dan adaun sirih yang telah direbus hingga mendidih tadi dengan saringan yang steril dan bersih. 
  • Gunakan air hasil saringan tadi untuk membersihkan daerah mata anda yang terkena penyakit mata bintitan ini. 
Salep Antibiotik 

Salah satu alternatif tindakan pengobatan untuk mengatasi mata bintitan adalah dengan memanfaatkan salep anti biotic atau sering juga disebut dengan salep steroid, penggunaan jenis salep antibiotik ini dimaksudkan untuk mengatasi penyebaran infeksi akibat bintitan oleh bakteri atau kuman yang bercokol di daerah kelopak mata yang terkena bintitan. 

Cara pengguanaan: 

Sebelum mengoleskan salep Steroid ini, terlebih dahulu, bersihkanlah mata anda terutama daerah yang terkena bintitan, setelah itu oleskan salep antibiotik tadi dengan pelan dan lembut daerah yang tertimpa bintitan, beberapa jenis salep antibiotik untuk bintitan yang beredar di pasaran yang bisa anda pakai di antaranya adalah Amoxicillin (Farmoxyl, Kalmoxilin dan Amoxsan) begitu juga Ciprofloxacin, ingat! periksa tanggal kadaluarsa obat yang akan anda gunakan dan jangan lupa berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan langganan anda. 

Memanfaatkan Obat Tetes Mata 

Opsi ini sebenarnya kurang kami rekomendasikan, namun bagi anda yang sudah mencoba beberapa cara yang kami sebutkan di atas namun hasilnya tidak memuaskan atau bintitan masih saja bercokol, maka anda bisa menempuh cara ini yaitu dengan meneteskan obat tetes mata pada mata anda yang terkena bintitan, tetaskan obat tetes mata ini sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

Catatan Penting:

Ada kebiasaan dan langkah yang keliru yang dialkukan oleh sebagian orang untuk mengobati bintitan ini yaitu dengan memencet bagian mata yang terkena bintitan tadi sampai keluar nanah atau darah, cara ini tidak tepat, bahkan justru akan memperparah infeksi pada mata yang terkena bintitan tadi, apalagi tangan yang anda pakai untuk memegang bintitan tadi belum anda cuci atau kotor. 

Lakukan Kompres Mata

Selain terasa gatal dan sakit, bintitan ini juga terasa sangat panas sehingga anda harus melakukan kompres mata agar kondisi kelopak mata lebih ringan. Selain akan meringankan rasa panas, kompres mata ini juga akan mampu menghilangkan bengkak yang terjadi pada mata tersebut.

Caranya :

Siapkan terlebih dahulu handuk bersih dan wadah kecil yang diisi dengan air hangat. Rendam handuk pada air hangat tersebut, peras kemudian anda kompreskan ke mata yang mengalami bengkak. Lakukan hingga 15 menit dan rutin setiap waktu untuk mendapatkan bintitan yang sembuh lebih cepat.

Manfaatkan Bawang Putih

Kita suda tahu manfaat bawang putih untuk obat alami ini sangat banyak, bukan hanya satu atau dua tapi hingga puluhan. Salah satunya adalah untuk mengobati mata yang bengkak atau kelopak mata yang bintitan.

Caranya :

Anda siapkan terlebih dahulu satu siung saja bawang putih kemudian iris dengan menggunakan pisau yang bersih agar lebih steril. atau anda dapat menumbuk bawang putih ini hingga hancur. Setelah menjadi bagian bagian kecil, anda oleskan ke mata anda yang mengalami bintitan tadi.

Menggunakan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata biasanya digunakan untuk mengobati mata merah, mata kemasukan debu dan sakit mata akibat hal lainnya. Trik dan tips mengobati mata bintitan ini sebenarnya sudah kami singgung di atas, namun di sini kami ingin memperingati terkait langkah keliru menggunakan tetes mata sebagai obat penyakit mata bintitan yaitu penggunaannya yang berlebihan, cukup gunakan obat tetes mata ini 1 sampai 3 tetes sebanyak maksimal 3 kali dalam sehari, jangan lebih dari itu karena justru akan mengakibatkan kondisi mata anda makin buruk

Caranya aman penggunaannya :

Terutama jika bintitan yang terjadi pada mata tersebut mengalami gatal yang disertai dengan rasa nyeri, anda dapat meneteskan obat tetes mata ini secukupnya. Ingat, sekali lagi jangan menggunakannya terlalu banyak dan terlalu sering untuk menghindari dampak yang tidak baik. Lakukan saja maksimal 3 kali dalam sehari dengan jumlah tiga tetes saja setiap kalinya.

Demikianlah tips dan cara mengobati mata bintitan dengan cepat seperti yang telah dijelaskan di atas, silahkan untuk anda coba dan semoga artikel dan ulasan ini bermanfaat bagi anda.

Tips dan cara mengobati mata bintitan dengan cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ervan Imam Widianto

0 comments:

Post a Comment