Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Friday, October 31, 2014

Cara Membangun Toko Online Dengan Memanfaatkan Teknologi

Tips dan cara membangun toko online dengan memanfaatkan teknologi, Banyak yang gembira dapat membuat toko online secara mandiri dengan cepat tanpa da bantuan dari pihak lain, bahkan bisa jadi hanya dengan belajar dari tutorial yang ada di buku, setelah toko online bisa digunakan kemudian semua produk diupload, untuk menarik perhatian, toko online diberi label diskon besar, dengan yakin toko online itu akan menghasilkan dengan sendirinya, sambil terus menunggu pelanggan berdatangan, dicobanya dengan memasang iklan di berbagai tempat baik yang gratis maupun berbayar termasuk dengan memanfaatkan milis.
Alkisah dalam sebulan sudah mendapat beberapa pelanggan, namun yang terjadi kemudian pelanggan-pelanggan tadi tidak membeli kembali ke toko online tersebut, sontak pemilik toko online bingung dan bertanya-tanya ada apa gerangan?
Cara Membangun Toko Online Dengan Memanfaatkan Teknologi

Memang kisah di atas hanya sebatas ilustrasi saja walaupun kita tidak menampik bahwa ini memang terjadi di masyarakat luas terutama para pegiat bisnis online, untuk mengatasi hal seperti itu maka ketika mengembangkan usaha menggunakan teknologi maka upaya membangun kepuasan pelanggan juga dapat dilakukan dengan teknologi, bahkan ketika persaingan semakin ketat ini sebuah keharusan.

  • Teknologi Untuk Mewujudkan Kepuasan Pelanggan

Mengapa toko online diharapkan memanfaatkan teknologi tidak hanya untuk berdagang namun juga untuk meningkatkan kepuasan pelanggan? Karena dalam sebuah penelitian, bahwa 85 persen kunjungan ke sebuah web berasal dari mesin pencari atau search engine, sehingga tidak semua orang yang sudah membeli di toko online anda akan mengingat domainnya, alamatnya, apalagi kalau hanya selalu mengandalkan mesin pencari dalam mencari produk, artinya memang ada unsure menemukan sesuatu secara tidak disengaja, semata-mata karena mesin pencari yang mengarahkan. Jika ini terjadi maka ketidaksengajaan ini harus dimanfaatkan dengan 3 cara:
Pertama: libatkanlah pelanggan sejak awal untuk mengukur sejauh mana kepuasan terhadap layanan dan produknya.
Kedua: gunakan teknologi untuk mengikat pelanggan agar terjadi hubungan yang baik, walau mungkin saat ini belum bisa memuasakan sepenuhnya secara seratus persen, namun minimal ada usaha kea rah sana
Ketiga: mengukur sejauh mana kebutuhan akan produk-produk di toko online dan seberapa sering dibutuhkan. Karena toko online adalah sebuah keunggulan dari teknologi maka dengan teknologi pulalah kepuasan pelanggan itu harus kita tingkatkan.
Setidaknya ada lima alasan mengapa toko online secara aktif harus memanfaatkan dengan maksimal teknologi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terutama untuk budaya masyarakat Indonesia sekaligus ini sebagai tips membangun toko online:

  • Jumlah Keluhan Bukan Ukuran Kepuasan

Kepuasan pelanggan masih sering dipertimbangkan dengan kuantitas keluhan. Padahal ada budaya di masyarakat Indonesia bahwa sifat toleransinya masih tinggi sehingga jarang dari mereka yang mengungkapkan keluhan.

  • Tidak Ada Keluhan Membuat Terlena                

Banyak pengelola toko online menyimpulkan dari sepinya complain dari pelanggan menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan telah dicapai dengan sempurna, padahal kesadaran diri pelanggan akan standar kualitas toko online belum sepenuhnya dibandingkan dengan layanan lain.

  • Standar Layanan Harga Toko Online

Bahwa layanan toko online dengan harga murah selalu menjadi ukuran standar persaingan, padahal itu tidak selamanya benar, karena banyak barang yang mahal justru diburu untuk membangun eksistensi diri pelanggan, sehingga ukurlah menggunakan pelanggan juga, mana produk yang price sensitive dan presige price, dengan kata lain pilah-pilah mana produk yang dijadikan ukuran murah dan produk yang sengaja diburu karena mahalnya, misalnya penulis pribadi telah membuktikan sebuah produk kacamata asesoris justru diburu karena mahalnya, ada yang berfikir mahallah yang benar-benar asli.

  • Melebur Kebiasaan Pelanggan Online

Perilaku pembeli yang sudah pernah membeli di toko online membuktikan bahwa mereka mampu memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, sehingga kita pertahankan dengan cara sama untuk menjalin hubungan dalam meningkatkan pelanggan, terutama membangun wadah komunikasi online kepada pelanggan, dengan media yang tetap murah, akurat dan cepat sampai semuanya tentu dengan media online.

  • Teknologi Integrasi  Menjadi Murah

Ketika banyak respon pasar yang masuk, juga dari pelanggan maka sebenarnya telah mendapatkan jalan mulus yaitu berupa data-data , misalnya nama, alamat, email, umur, lokasi yang dapat dimanfaatkan untuk menggali informasi, sehingga dengan mengintegrasikan alat riset kepuasan pelanggan dengan web toko online adalah sebuah keunggulan bersaing.
Demikian artikel tentang tips membangun toko online dengan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penggunaan teknologi secara maksimal.

Cara Membangun Toko Online Dengan Memanfaatkan Teknologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 comments:

Post a Comment