Tips
dan cara membangun toko online dengan memanfaatkan teknologi, Banyak yang gembira dapat
membuat toko online secara mandiri dengan cepat tanpa da bantuan dari pihak
lain, bahkan bisa jadi hanya dengan belajar dari tutorial yang ada di buku,
setelah toko online bisa digunakan kemudian semua produk diupload, untuk menarik
perhatian, toko online diberi label diskon besar, dengan yakin toko online itu
akan menghasilkan dengan sendirinya, sambil terus menunggu pelanggan
berdatangan, dicobanya dengan memasang iklan di berbagai tempat baik yang
gratis maupun berbayar termasuk dengan memanfaatkan milis.
Alkisah
dalam sebulan sudah mendapat beberapa pelanggan, namun yang terjadi kemudian
pelanggan-pelanggan tadi tidak membeli kembali ke toko online tersebut, sontak
pemilik toko online bingung dan bertanya-tanya ada apa gerangan?
Memang
kisah di atas hanya sebatas ilustrasi saja walaupun kita tidak menampik bahwa
ini memang terjadi di masyarakat luas terutama para pegiat bisnis online, untuk
mengatasi hal seperti itu maka ketika mengembangkan usaha menggunakan teknologi
maka upaya membangun kepuasan pelanggan juga dapat dilakukan dengan teknologi,
bahkan ketika persaingan semakin ketat ini sebuah keharusan.
- Teknologi Untuk Mewujudkan Kepuasan Pelanggan
Mengapa
toko online diharapkan memanfaatkan teknologi tidak hanya untuk berdagang namun
juga untuk meningkatkan kepuasan pelanggan? Karena dalam sebuah penelitian,
bahwa 85 persen kunjungan ke sebuah web berasal dari mesin pencari atau search
engine, sehingga tidak semua orang yang sudah membeli di toko online anda akan
mengingat domainnya, alamatnya, apalagi kalau hanya selalu mengandalkan mesin
pencari dalam mencari produk, artinya memang ada unsure menemukan sesuatu
secara tidak disengaja, semata-mata karena mesin pencari yang mengarahkan. Jika
ini terjadi maka ketidaksengajaan ini harus dimanfaatkan dengan 3 cara:
Pertama:
libatkanlah pelanggan sejak awal untuk mengukur sejauh mana kepuasan terhadap
layanan dan produknya.
Kedua:
gunakan teknologi untuk mengikat pelanggan agar terjadi hubungan yang baik,
walau mungkin saat ini belum bisa memuasakan sepenuhnya secara seratus persen,
namun minimal ada usaha kea rah sana
Ketiga:
mengukur sejauh mana kebutuhan akan produk-produk di toko online dan seberapa
sering dibutuhkan. Karena toko online adalah sebuah keunggulan dari teknologi maka
dengan teknologi pulalah kepuasan pelanggan itu harus kita tingkatkan.
Setidaknya
ada lima alasan mengapa toko online secara aktif harus memanfaatkan dengan
maksimal teknologi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terutama untuk budaya
masyarakat Indonesia sekaligus ini sebagai tips membangun toko online:
- Jumlah Keluhan Bukan Ukuran Kepuasan
Kepuasan
pelanggan masih sering dipertimbangkan dengan kuantitas keluhan. Padahal ada
budaya di masyarakat Indonesia bahwa sifat toleransinya masih tinggi sehingga
jarang dari mereka yang mengungkapkan keluhan.
- Tidak Ada Keluhan Membuat Terlena
Banyak pengelola toko online menyimpulkan dari sepinya complain
dari pelanggan menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan telah dicapai dengan
sempurna, padahal kesadaran diri pelanggan akan standar kualitas toko online
belum sepenuhnya dibandingkan dengan layanan lain.
- Standar Layanan Harga Toko Online
Bahwa layanan toko online dengan harga murah selalu menjadi ukuran
standar persaingan, padahal itu tidak selamanya benar, karena banyak barang
yang mahal justru diburu untuk membangun eksistensi diri pelanggan, sehingga
ukurlah menggunakan pelanggan juga, mana produk yang price sensitive dan
presige price, dengan kata lain pilah-pilah mana produk yang dijadikan ukuran
murah dan produk yang sengaja diburu karena mahalnya, misalnya penulis pribadi
telah membuktikan sebuah produk kacamata asesoris justru diburu karena
mahalnya, ada yang berfikir mahallah yang benar-benar asli.
- Melebur Kebiasaan Pelanggan Online
Perilaku
pembeli yang sudah pernah membeli di toko online membuktikan bahwa mereka mampu
memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, sehingga kita pertahankan dengan cara
sama untuk menjalin hubungan dalam meningkatkan pelanggan, terutama membangun
wadah komunikasi online kepada pelanggan, dengan media yang tetap murah, akurat
dan cepat sampai semuanya tentu dengan media online.
- Teknologi Integrasi Menjadi Murah
Ketika
banyak respon pasar yang masuk, juga dari pelanggan maka sebenarnya telah
mendapatkan jalan mulus yaitu berupa data-data , misalnya nama, alamat, email,
umur, lokasi yang dapat dimanfaatkan untuk menggali informasi, sehingga dengan
mengintegrasikan alat riset kepuasan pelanggan dengan web toko online adalah
sebuah keunggulan bersaing.
Demikian
artikel tentang tips membangun toko online dengan meningkatkan kepuasan
pelanggan melalui penggunaan teknologi secara maksimal.
0 comments:
Post a Comment