Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Saturday, June 20, 2015

Benarkah Kualitas Tidur Jadi Berkurang Karena Puasa?

Puasa identik dengan sahur, buka puasa, dan kurma. Selain itu juga identik dengan pola tidur yang berubah. Tidur malam Anda jadi berkurang karena harus bangun tengah malam untuk sahur sehingga membuat Anda jadi bangun lebih siang dan sering merasa ngantuk. Anda juga jadi merasa malas dan ingin cepat-cepat tidur siang.Lalu apakah kualitas tidur jadi berkurang hanya karena berpuasa di bulan Ramadhan? Baca Juga : Resep Kolak Labu Spesial Untuk Buka Puasa
Benarkah Kualitas Tidur Jadi Berkurang Karena Puasa?

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa durasi waktu tidur saat bulan puasa sebenarnya tak jauh berbeda di bulan-bulan lainnya. Orang-orang cendrung akan menambah durasi waktu tidur mereka hingga pagi hari sebagai pengganti tidur malam yang berkurang karena digunakan untuk sahur.

Perbedaan yang sebenarnya adalah perubahan gaya hidup dan jadwal tidur yang berpengaruh pada jam internal tubuh. Adanya perubahan jam tidur akan mempengaruhi segala aktivitas sekresi hormon melatonin yang sangat mempengaruhi perasaan dan suasana hati seseorang. Seseorang akan jadi malas melakukan aktivitas apapun dan merasa cepat ngantuk. Baca Juga : Foto-foto Pencucian Ka'bah Oleh Raja Saudi

Penyebab lainnya ialah perubahan pada jadwal dan pola makan. Dengan adanya perubahan yang secara drastis pada pola tidur dan makan membuat metabolism tubuh jadi meningkat di malam hari. Akibatnya suhu tubuh jadi meningkat di malam hari.

Meningkatnya suhu tubuh saat malam hari akan membuat orang susah mengantuk atau bahkan mengalami insomnia. Karena itu, saat berpuasa orang-orang cenderung lebih aktif di malam hari. Namun, hal tersebut memiliki efek buruk yang akan Anda rasakan pada siang hari yakni suhu tubuh akan menurun sehingga Anda jadi mudah mengantuk.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kualitas dan durasi waktu tidur tak berubah sedikitpun selama bulan Ramadhan.Akan tetapi perubahan terjadi adapada jadwal tidur serta pola makan.

Saran dari Ahmed Bahammam, salah seorang profesor di College of Medicine, King Saud University, ialah agar saat berbuka puasa tak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan sehingga Anda akan mudah tidur saat malam hari. Jika memang ingin tidur siang saat Ramadhan, lakukanlah sejenak saja tak perlu berlama-lama karena justru hanya akan membuat Anda jadi bermalas-malasan.

Biasakan diri untuk berpuasa secara teratur, tak hanya di bulan Ramadhan saja tapi di bulan-bulan lainnya juga. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan diri dengan pola makan dan jadwal tidur Anda selama bulan puasa.

Benarkah Kualitas Tidur Jadi Berkurang Karena Puasa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 comments:

Post a Comment