Situs yang Berisi tentang Informasi Mengenai Berita Islami, Teknologi, Kesehatan, Desain Rumah Terbaru dan Info Terkini

Saturday, November 2, 2013

Standar Ukuran Lapangan Futsal

Standar Ukuran Lapangan Futsal - Olah raga Bola futsal memang sedang di minati berbagai kalangan dari anak - anak hingga orang tua karena memang olahraga yang satu ini saya akui sangat seru,olah raga ini tidak jauh berbeda dengan olah raga Sepak Bola namun dari segi ukuran lapangan sepak bola lebih besar dibanding lapangan futsal.
Sekarang sudah mulai banyak yang menyewakan lapangan futsal hingga di daerah - daerah pun sudah banyak yang menyewakan lapangan futsal ini,mungkin sobat sering merasa di beberapa lapangan futsal yang kita pakai untuk bermain terasa berbeda - beda dalam segi ukurannya.
Nah disini saya akan membahas tentang Standar Ukuran lapangan Futsal.

Untuk Panjang lapangan Futsal ini adalah Min 25 Meter dan maksimalnya adalah 43 Meter.
Untuk lebar lapangan futsal adalah Minimal 15 Meter dan maksimalnya 25 meter.

Standar Ukuran Lapangan Futsal yang dipakai dalam pertandingan Internasional adalah :
Untuk panjang Standar ukuran lapangan futsal Internasional ini Minimal 38 Meter dan Maksimalnya adalah 42 Meter.
Lebarnya adalah Minimal 18 Meter dan Maksimal 22 Meter.

Untuk Lebih jelasnya sobat bisa lihat Gambar Berikut :
Mungkin sobat sedang mencari informasi tentang Standar Ukuran Lapangan Futsal untuk membuat lapangan futsal semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi Belati.blogspot.com dan akses terus dapatkan info terbaru lainya.

Keterangan-keterangan penting mengenai ukuran lapangan Futsal:

Untuk menambah lagi pemahaman anda mengenai ukuran lapangan futsal yang menjadi tema dan topik artikel ini, berikut tambahan keterangan mengenai hal ini:

Area (Daerah) Penalti

Kita mulai dengan membahas area penalti yang termasuk hal yang penting dalam pembuatan lapangan futsal ini. Daerah ini persis berada di depan gawang, ditandai dengan garis berbentuk setengah lingkaran, areal ini sekaligus menjadi areal keeper saat permainan berlangsung, ketentuan areal penalty dalam pembuatan lapanagan futsal adalah sebagai berikut:
  • Hendaknya dibuat 2 garis dengan jari-jari sekitar 6 meter berbentuk ¼ lingkaran dan jadikan tiap tiang gawang keeper sebagai pusatnya.
  • Kedua ujung garis lingkaran tadi dihubungkan dengan sebuah garis lurus yang anda buat sepanjang kurang lebih 3,16 meter berada di depan gawang.
Daerah Tendangan Sudut

Pada setiap sudut lapangan dibuatkan sebesar seperempat lingkaran dengan ukuran jari-jari kurang lebih 25 centimeter, daerah tendangan sudut ini digunakan oleh pemain futsal untuk mengeksekusi tendangan pojok atau sudut saat permainan futsal berlangsung.

Daerah Eksekusi Tendangan Bebas

Daerah ini berada pada 5 m seputar garis tengah lapangan futsal, direkomendasikan supaya daerah ini bebas pandang ke arah lapangan, pasalnya wasit ke-3 dan juga wasit petugas catat waktu bertugas di daerah luar persis berhadapan dengan daerah ini.

Tanda-tanda Penting Lapangan
  • Lapangan futsal sebenar terbagi menjadi dua bagian seperti pada lapangan sepakbola, lapangan futsal ini dibagi dua dengan sebuah garis tengah lurus yang berada persis di tengah lapangan. 
  • Lapangan futsal diserta dengan garis pebatas lapangan, terdapat dua garis pebatas lpangan ini, ada yang dinamakan dengan touch line (ukuran garis ini jauh lebih panjang dan berada di samping lapangan futsal), ada pula goal line (garis ini lebih pendek dari pada garis yang pertama, gris ini disebut juga dengan garis gawang.
Pembuatan Permukaan Lapangan Futsal

Sangat tidak dianjurkan membuat permukaan lapangan futsal dengan menggunakan beton, semen atau bahan keras lainnya, yang biasa dipakai adalah bahan kayu dengan meletakkan rumput sintetis yang tebal di atasnya, hal ini penting karena keselamatan para pemain futsal adalah penting, terutama ketika terjatuh, agar tidak terjadi luka serius maka diletakkan di atas permukaan lapangan ini bahan-bahan yang halus dan empuk seperti rumput sintetis tadi. Demikianlah informasi tentang ukuran standar lapangan futsal, semoga bermanfaat bagi anda.

Standar Ukuran Lapangan Futsal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ervan Imam Widianto

0 comments:

Post a Comment